07/31/19 - Archieve

Under the hood articles from the past.

Rabu, 31 Juli 2019

Wisata Baru di Ambarawa yang Mempesona, Puncak Kelir Ambarawa

Wisata Baru di Ambarawa yang Mempesona, Puncak Kelir Ambarawa

Menurut kamu, daerah mana di Kabupaten Semarang yang memiliki banyak wisata alam keren? Ambarawa, Tuntang, Ungaran, atau Bandungan? Ya, daerah-daerah tersebut memang memiliki banyak sekali wisata bernuansa alam yang sangat sayang untuk kita lewatkan.
Nah, berbicara mengenai wisata alam, di daerah Ambarawa kini muncul sebuah tempat wisata baru yang cukup populer dikalangan wisatawan, terutama para anak muda karena lokasinya yang memiliki pemandangan indah, yaitu Puncak atau Lereng Kelir Ambarawa.

Apa yang Menarik di Puncak Lereng Kelir Ambarawa ?
Setelah menjamurnya wisata alam dengan konsep gardu pandang, Kabupaten Semarang tak mau kalah dengan ikut meramaikan jenis wisata ini, tepatnya di Ambarawa terdapat objek wisata dengan konsep gardu pandang bernama Puncak Kelir atau Lereng Kelir.

Puncak Kelir terletak di lereng Gunung Kelir, yaitu salah satu gunung pendek di Kabupaten Semarang. Gunung Kelir sendiri adalah salah satu gunung yang memiliki pemandangan cukup indah walaupun tidak terlalu tinggi.

Nah, untuk memaksimalkannya, dibuatlah wisata Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa ini yang sebenarnya masih berada di lerengnya, jadi bukan berada di puncak Gunung Kelir.

Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa menawarkan pemandangan alam Kabupaten Semarang yang sangat indah dengan view Rawa Pening dan beberapa gunung lain seperti Gunung Merbabu dan Telomoyo.

Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa ini berada di ketinggian sekitar 715 Mdpl, walaupun tidak terlalu tinggi tapi cukup membantu kita untuk melihat keindahan alam sekitar.

Konsep dari Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa memang sama dengan Punthuk Mongkrong yang berada di Magelang, di Puncak Kelir Ambarawa ini kita juga bisa melihat cantiknya sunrise yang muncul dibalik pegunungan.

Untuk bisa melihat indahnya sunrise di Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa, kita harus datang saat fajar, tapi jalurnya yang berkelok kelok dan naik turun khas pegunungan membuat kita cukup was-was jika harus berkendara di pagi buta sebelum matahari terbit.

Jadi, Apabila kamu ingin melihat sunrise di Gardu Pandang Puncak Kelir, sangat disarankan untuk mendirikan tenda atau berkemah di kawasan wisata Puncak Kelir ini saja. Lokasi camp ground-nya cukup luas kok, bisa menampung beberapa tenda, asal kamu datang lebih awal saja agar tidak didahului pengunjung lain.

Selama perjalanan menuju Puncak Kelir, kita harus berjalan kaki melewati jalur menanjak selama kurang lebih 1 jam, tapi tenang karena selama perjalanan kita akan disuguhi dengan pemandangan alam, hutan pinus dan kebun warga yang terlihat sangat menyegarkan mata, bahkan jika kamu naik saat fajar sebelum matahari terbit kamu bisa melihat indahnya kerlap-kerlip lampu kota lho.

Jadi, kapan kamu berkunjung ke Gardu Pandang Puncak Kelir Ambarawa ?






[Sumber]