Senin, 24 September 2018

Ini Cara Yang Aman Ketika Harus Meninggalkan Mobil Dalam Waktu Lama


Ketika Anda akan berlibur atau tugas keluar kota dalam waktu yang lama, mobil juga harus dipastikan agar tidak ada masalah ketika lama ditinggal

Anda pasti pernah mengalami harus meninggalkan mobil dalam waktu yang cukup lama, entah itu karena Anda akan pergi liburan bersama keluarga atau tugas luar kota.

Nah, pernahkah terpikir oleh Anda bagaimana cara yang aman meninggalkan mobil Anda di carport atau garasi rumah?

Soal rem tangan atau handbrake, apakah lebih baik difungsikan atau netral saja ketika mobil akan lama tidak dipakai?

“Jika mobil ditinggal dalam waktu sebentar, handbrake sebaiknya difungsikan untuk amannya. Namun kalau ditinggal dalam waktu yang lama lebih baik tidak difungsikan,” ujar Sartono, Technical Leader Auto2000 Bintaro.

Jika mobil Anda bertransmisi otomatis, maka posisikan transmisi di P (Park).

“Di posisi P mobil tidak bisa bergerak maju ataupun mundur, jadi sudah pasti aman,” jelas Sartono.

Kalau mobil Anda bertransmisi manual, posisikan transmisi di netral dan fungsikan handbrakenya.

Namun sebelum handbrake akan difungsikan, pastikan mobil tidak habis dicuci atau baru melewati banjir.

“Kalau rem belakang mobilnya masih menggunakan teromol, karena bisa berakibat kampas rem menempel kuat ke bagian dalam teromol yang membuat mobil diam,” ujarnya.

Jika sudah seperti ini, ketika Anda akan menggunakan mobil lagi maka kampas rem dipastikan akan lengket dan bisa lepas pada saat mobil dipaksa jalan.

Cara paling aman adalah mengganjal ban mobil Anda menggunakan balok kayu atau ganjal khusus yang dijual di supermarket khusus peralatan atau bisa beli online.

Selain itu harus diperhatikan juga apakah carport atau garasi rumah Anda posisinya rata atau tidak, jangan sampai mobil Anda malah meluncur keluar saat diganjal.



[toyota.astra.co.id]

Lembah Manah Jaya

Rental Mobil Terbaik di Semarang

LMJ RentCar, sewa mobil harga mulai dari Rp 175.000,- TELP : 081 390 339 313 | 081 565 991 24 | 081 901 657 313. Mobil terbaru dan banyak pilihan: Karimun, Avanza, Honda Mobilio, Innova, Hiace, Elf, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar