Rabu, 06 Juni 2018

Syarat Mobil yang Tepat untuk Mudik Lebaran: (3) Efisiensi Bahan Bakar


Setiap tahun, momen mudik Lebaran adalah salah satu saat yang paling dinanti setiap umat muslim di Indonesia. Setelah menjalani ibadah wajib Puasa Ramadhan selama satu bulan penuh dan kemudian merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman adalah hal yang begitu membahagiakan. Tak heran jika dari tahun ke tahun, sepanjang jalur mudik Lebaran selalu diwarnai kemacetan yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk bepergian, termasuk berlibur bagi mereka yang kebetulan tak merayakan Lebaran.

Untuk menghadapi kemacetan dan perjalanan jauh ini, tentu saja perlu mempersiapkan banyak hal, salah satunya adalah memilih mobil yang tepat untuk dipakai mudik Lebaran.Ya, mobil yang tepat menjadi kunci kenyamanan perjalanan mudik. Beberapa syarat tentunya perlu dipenuhi agar perjalanan Anda menjadi menyenangkan dan tidak terasa lelah kami ulaskan satu per satu setiap harinya dalam empat hari ini.


3. Efisiensi Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar dipastikan menjadi salah satu isu yang harus diperhatikan selama lebaran. Kemacetan jelas menjadikan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros dan salah satu hal yang bisa dilakukan untuk menghadapi hal tersebut adalah memilih mobil yang menawarkan efisiensi serta berkendara secara eco driving.

Khusus untuk mobil LCGC, dari regulasi yang diatur oleh pemerintah, secara teori mobil ini dapat meraih konsumsi bahan bakar hingga 20 kmpl. Hal yang wajar mengingat kapasitas mesinnya tak melebihi 1,2 liter, Namun kini beberapa LMPV berkapasitas mesin 1,5 liter juga telah menawarkan efisiensi bahan bakar berkat pengaplikasian teknologi katup variable pada mesinnya. Lihat saja Grand New Avanza yang kini mesinnya telah mengadaptasi teknolohi Dual VVT-i, sementara Mobilio dengan i-VTEC. Penggunaan teknologi katup variable modern ini diklaim mampu meningkatkan efisiensi bahan bakar antara 10 – 15 persen dibandingkan mesin berteknologi katup konvensional.

Di kelas mobil yang lebih besar, pilihan mesin yang ditawarkan lebih beragam, tak hanya dengan teknologi katup variable, namun juga mobil dengan pilihan mesin bensin atau diesel. Masing-masing pilihan mesin memiliki keunggulan, namun dalam hal efisiensi bahan bakar, mesin diesel memiliki keunggulan. Dengan karakter mesin yang bertorsi besar, saat mobil Anda diisi oleh beban yang penuh, mobil bermesin diesel dapat melaju dengan kecenderungan putaran mesin lebih rendah dibandingkan mesin bensin. Hal ini menjadikan bahan bakar yang digunakannya juga lebih sedikit. Beberapa studi menyebutkan jika efisiensi bahan bakar mesin diesel lebih baik antara 15 – 20 persen dibandingkan mesin bensin. Anda bisa mengetahui perbedaan konsumsi bahan bakar antara All-new Kijang Innova bermesin Diesel dengan bermesin Bensin di tautan ini.




[oto.com]

Lembah Manah Jaya

Rental Mobil Terbaik di Semarang

LMJ RentCar, sewa mobil harga mulai dari Rp 175.000,- TELP : 081 390 339 313 | 081 565 991 24 | 081 901 657 313. Mobil terbaru dan banyak pilihan: Karimun, Avanza, Honda Mobilio, Innova, Hiace, Elf, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar