Selasa, 05 Juni 2018

Syarat Mobil yang Tepat untuk Mudik Lebaran: (2) Kenyamanan Pengendaraaan


Setiap tahun, momen mudik Lebaran adalah salah satu saat yang paling dinanti setiap umat muslim di Indonesia. Setelah menjalani ibadah wajib Puasa Ramadhan selama satu bulan penuh dan kemudian merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman adalah hal yang begitu membahagiakan. Tak heran jika dari tahun ke tahun, sepanjang jalur mudik Lebaran selalu diwarnai kemacetan yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk bepergian, termasuk berlibur bagi mereka yang kebetulan tak merayakan Lebaran.

Untuk menghadapi kemacetan dan perjalanan jauh ini, tentu saja perlu mempersiapkan banyak hal, salah satunya adalah memilih mobil yang tepat untuk dipakai mudik Lebaran.Ya, mobil yang tepat menjadi kunci kenyamanan perjalanan mudik. Beberapa syarat tentunya perlu dipenuhi agar perjalanan Anda menjadi menyenangkan dan tidak terasa lelah kami ulaskan satu per satu setiap harinya dalam empat hari ini.


2. Kenyamanan Pengendaraaan

Saat mudik, kemacetan menjadi salah satu tantangan yang paling besar kemungkinannya untuk dihadapi, karenanya, kenyamanan di dalam kabin sepanjang perjalanan juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Kenyamanan ini bisa dipengaruhi oleh berbagai hal, antara lain adalah keleluasaan kabin, kenyamanan berkendara serta layanan sistem hiburan di dalam kabin.

Untuk keleluasaan kabin, hal ini jelas mempengaruhi kenyamanan, karena semakin sempit kabin, maka akan semakin kecil ruang gerak setiap orang. Saat menghadapi kemacetan, hal ini jelas membuat cepat letih. Beberapa MPV bahkan ada yang telah menawarkan lorong di bagian tengah, di antara bangku baris kedua individual (captain seat), yang membuat ruang kabin terasa lebih leluasa. Bagi mereka yang membawa anak-anak, kabin seperti ini dapat cukup menghibur mereka. Mobil yang memiliki kabin seperti ini antara lain adalah Honda Freed dan Toyota All-new Kijang Innova Q.

Untuk kenyamanan yang diberikan saat berkendara, hal ini dipengaruhi beberapa hal antara lain sistem suspensi serta chassis yang digunakan. Sebagai contoh, Toyota Grand New Avanza menggunakan chassis ladder frame, dengan suspensi MacPherson Strut di bagian depan dan Torsion Beam di belakang. Penyempurnaan geometrik suspensi belakang pada Grand New Avanza terbukti sukses menjadikan peredaman suspensinya lebih halus dibandingkan generasi sebelumnya.

Namun, secara umum kenyamanan pengendaraan Grand New Avanza perlu diakui kalah lembut jika dibandingkan milik Honda Mobilio, meskipun Mobilio juga menggunakan struktur suspensi MacPherson Strut di depan dan Torsion Beam di belakang. Penyebabnya adalah chassis yang digunakan oleh Mobilo, dimana Honda telah menggunakan chassis monokok pada Mobilio yang membuat pengendaraannya bisa senyaman sedan. Struktur chassis yang sama juga digunakan pada Suzuki Ertiga dan Nissan Grand Livina, sehingga secara umum menyajikan kenyamanan pengendaraan yang baik.

Hal lain yang perlu diperhatikan untuk memaksimalkan kenyamanan saat berkendara adalah kelengkapan fitur hiburan yang ada di dalam kabin. Perhatikan apa yang ditawarkan oleh masing-masing pabrikan, meski begitu, kebutuhan dasar yang diperlukan adalah head unit audio yang telah dilengkapi radio, selain untuk mendengarkan musik, radio juga biasanya menyiarkan informasi lalu-lintas yang diperlukan dalam menghadapi kemacetan. Kenyamanan akan semakin baik jika head unit yang digunakan lebih modern dan telah dilengkapi layar sentuh dan berbagai kemampuan koneksi multimedia seperti CD/DVD, USB port, Bluetooth. HDMI hingga kemampuan Mirroring dengan ponsel.

Bahkan Nissan Grand Livina, menyediakan sistem hiburan untuk penumpang belakang dengan roof monitor berukuran 10 inci. Bagi anak-anak hal ini jelas memberikan nilai lebih untuk kenyamanan, apalagi saat menghadapi kebosanan di tengah kemacetan. Sebuah nilai keunggulan untuk Grand Livina, mengingat fitur ini biasanya hanya tersedia di kelas mobil-mobil yang lebih mewah.




[oto.com]

Lembah Manah Jaya

Rental Mobil Terbaik di Semarang

LMJ RentCar, sewa mobil harga mulai dari Rp 175.000,- TELP : 081 390 339 313 | 081 565 991 24 | 081 901 657 313. Mobil terbaru dan banyak pilihan: Karimun, Avanza, Honda Mobilio, Innova, Hiace, Elf, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar