Kamis, 07 Juni 2018

Syarat Mobil yang Tepat untuk Mudik Lebaran: (4) Ketangguhan


Setiap tahun, momen mudik Lebaran adalah salah satu saat yang paling dinanti setiap umat muslim di Indonesia. Setelah menjalani ibadah wajib Puasa Ramadhan selama satu bulan penuh dan kemudian merayakan Idul Fitri bersama keluarga di kampung halaman adalah hal yang begitu membahagiakan. Tak heran jika dari tahun ke tahun, sepanjang jalur mudik Lebaran selalu diwarnai kemacetan yang menunjukkan antusiasme masyarakat untuk bepergian, termasuk berlibur bagi mereka yang kebetulan tak merayakan Lebaran.

Untuk menghadapi kemacetan dan perjalanan jauh ini, tentu saja perlu mempersiapkan banyak hal, salah satunya adalah memilih mobil yang tepat untuk dipakai mudik Lebaran.Ya, mobil yang tepat menjadi kunci kenyamanan perjalanan mudik. Beberapa syarat tentunya perlu dipenuhi agar perjalanan Anda menjadi menyenangkan dan tidak terasa lelah kami ulaskan satu per satu setiap harinya sejak tiga hari sebelumnya, dan ini adalah bagian terakhir.


4. Ketangguhan

Perjalanan mudik yang biasanya dihiasi kemacetan membuat pihak Kepolisian atau Dinas Lalu Lintas melakukan rekayasa lalu lintas di jalur mudik utama. Hal ini menjadikan jalur alternatif kerap menjadi pilihan untuk dilewati. Masalahnya, tak ada yang tahu seperti apa kondisi jalur mudik alternatif yang akan dilewati, apakah masih beraspal mulus, atau jelek, apakah medannya melalui tanjakan dan turunan curam? Apapun medannya, yang Anda butuhkan adalah mobil dengan kemampuan yang mumpuni.

Soal medan jalan yang jelek, jawaban paling mudah untuk menghadapinya adalah dengan menggunakan mobil ber-ground clearence tinggi. Beberapa anggapan yang beredar di masyarakat, ground clearence ideal untuk siap menghadapi medan jelek ini adalah minimal 170 mm. Beberapa MPV memang memenuhi syarat ini, namun untuk lebih memastikan kemampuannya, ada baiknya untuk memilih mobil SUV. Dengan ban yang biasanya berprofil lebih tebal, SUV menyuguhkan tak hanya ketangguhan namun juga kenyamanan di medan seperti ini.

Beberapa pilihan mobil dengan ground clerance yang cukup mumpuni adalah Grand New Avanza (200 mm), Honda Mobilio (189 mm), Suzuki Ertiga (185 mm), Honda BR-V (201 mm), Toyota Rush dan Daihatsu Terios (200 mm), All-new Kijang Innova (176 mm), Toyota All-new Fortuner (220 mm), Mitsubishi Delica (210 mm) dan Mitsubishi All-new Pajero Sport (218 mm). Untuk All-new Fortuner dan All-new Pajero Sport bahkan tersedia dalam varian berpenggerak 4x4.

Berkaitan dengan sistem penggerak yang digunakan, hal ini berhubungan dengan kemampuannya menghadapi medan jalan menanjak yang mungkin akan dihadapi. Secara alami, mobil dengan sistem penggerak roda belakang – seperti misalnya Grand New Avanza dan All-new Kijang Innova – memiliki kemampuan lebih baik dalam menghadapi medan menanjak dibandingkan mobil yang berpenggerak roda depan. Sehingga jika Anda sudah tau jalur mana yang akan dilewati dan seperti apa medannya, tak ada salahnya untuk memilih mobil yang paling tepat.




[oto.com]

Lembah Manah Jaya

Rental Mobil Terbaik di Semarang

LMJ RentCar, sewa mobil harga mulai dari Rp 175.000,- TELP : 081 390 339 313 | 081 565 991 24 | 081 901 657 313. Mobil terbaru dan banyak pilihan: Karimun, Avanza, Honda Mobilio, Innova, Hiace, Elf, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar