Kamis, 10 Mei 2018

Speedometer Tidak Berfungsi, Apa Penyebabnya?


Semarang Rent Car – Speedometer adalah salah satu komponen pendukung yang sangat penting bagi kendaraan bermotor untuk menunjukkan kecepatan kendaraan yang sedang ditempuh. Speedometer sendiri merupakan fitur dalam kendaraaan bermotor yang berfungsi sebagai alat pengukur kecepatan. Tidak berfungsinya speedometer dengan baik dapat mengganggu keselamatan selama berkendara sehingga rusaknya speedometer beresiko mengakibatkan kecelakaan yang fatal.

Sebenarnya mudah untuk mengetahui indikasi speedometer yang tidak berfungsi. Biasanya, jarum penunjuk diam di angka 0 kpj dan tidak bergerak meskipun Anda menginjak pedal gas. Tanda lainnya yaitu jarum penunjuk bergerak naik turun saat dibawa melaju. Selain itu, terkadang jarum bergerak sangat lambat. Contohnya, ketika Anda melaju dalam kecepatan 80kpj, namun pada speedometer hanya terbaca 30 kpj.

Jika speedometer Anda mengalami malfungsi, setidaknya terdapat 3 penyebab tidak berfungsinya speedometer, antara lain sebagai berikut.


1. Kabel Putus

Putusnya kabel dapat menjadi penyebab tidak berfungsinya speedometer. Hal itu disebabkan oleh kabel speedometer yang tertekuk/tertarik saat membersihkan kabel speedometer. Penyebab lain yaitu timbulnya karat pada kabel speedometer yang terjadi akibat air masuk ke dalam kabel speedometer pada saat mencuci kendaraan atau saat melewati genangan air. Untuk mencegah timbulnya karat, segera keringkan dengan lap pada bagian kabel yang terkena air. Setelah itu, putusnya kabel juga dapat disebabkan oleh usia kabel speedometer yang sudah tua.


2. Rusaknya Gearbox

Gearbox berfungsi untuk menyalurkan tenaga ke bagian mesin lainnya sehingga dapat menghasilkan pergerakan seperti berputar ataupun bergesernya jarum speedometer. Kerusakan pada Gearbox dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti pemasangan gearbox yang kurang sesuai, gearbox pecah, dan gearbox yang aus. Ketika gigi di dalam gearbox sudah mengecil maka Anda harus segera menggantinya.


3. Speedometer Rusak

Selain karena kabel dan gearbox, jarum speedometer yang tidak berfungsi juga dapat disebabkan oleh kerusakan pada speedometer itu sendiri. Beberapa penyebab rusaknya speedometer yaitu speedometer yang pecah, jarum speedometer yang macet, serta per pada speedometer yang patah.

Menjaga kondisi komponen pendukung keselamatan pada kendaraan sangatlah penting, tak terkecuali speedometer. Beberapa penyebab kerusakan speedometer tersebut dapat Anda cegah dengan cara melakukan perawatan rutin terhadap kendaraan bermotor milik Anda, demi keselamatan selama berkendara.

Speedometer yang rusak tentu membahayakan keselamatan Anda. Kita tidak akan tahu berapa kecepatan yang sudah dijalankan oleh kendaraan kita. Jangan sepelekan hal-hal kecil pada kendaraan Anda. Melalui hal kecil tersebutlah keselamatan kita terjaga.


Untuk informasi rental mobil semarang, sewa mobil semarang, sewa hiace semarang, rental hiace semarang bisa klik di semarangrentcar.com




[ayoselamat.org]


Dapatkan info terbaru seputar Indonesia hanya di IndonesiaTangguh.com

Lembah Manah Jaya

Rental Mobil Terbaik di Semarang

LMJ RentCar, sewa mobil harga mulai dari Rp 175.000,- TELP : 081 390 339 313 | 081 565 991 24 | 081 901 657 313. Mobil terbaru dan banyak pilihan: Karimun, Avanza, Honda Mobilio, Innova, Hiace, Elf, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar