Senin, 26 Februari 2018

10 Tips Hemat BBM


Semarangrentcar.com Padatnya aktivitas mengakibatkan meningkatnya pemakaian kendaraan bermotor, hal ini berdampak pada borosnya penggunaan bahan bakar. Padahal, harga BBM terus meningkat serta ketersediaannya pun akan habis jika digunakan secara berlebihan tanpa adanya upaya penghematan. Berikut ini tips menghemat BBM bagi pengguna mobil.


1. Isi BBM Saat Tangki Setengah Penuh

Isi lah bahan bakar mobil Anda ketika tangki setengah penuh karena semakin banyak bahan bakar yang ada di dalam tangki maka semakin sedikit udara yang ada di bagian tangki sehingga dapat mengurangi penguapan BBM.


2. Perhatikan Laju Kendaraan

Pertahankan laju kendaraan dalam batas kecepatan yang ditentukan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Efisiensi BBM mobil Anda akan menurun drastis seiring dengan penambahan kecepatan mobil.


3. Atur RPM Mesin

Agar lebih hemat bensin, Anda harus tahu kapan harus mengganti gigi. Untuk mesin yang meggunakan bensin, sebaiknya oper gigi saat berada di RPM 1.500 hingga 2.200. Sedangkan untuk mesin diesel, pada RPM 1.100 hingga 2.000. Karena laju putaran mesin yang terlalu tinggi atau rendah akan membuat konsumsi bahan bakar lebih besar.


4. Perhatikan Kondisi Ban

Ban mobil yang kurang angin bisa menyebabkan gesekan yang lebih besar, khususnya antara ban mobil dengan jalan. Mengisi angin terlalu banyak juga tidak baik. Sesuaikan tekanan ban dengan rekomendasi yang diberikan produsen mobil Anda, karena dengan itu konsumsi BBM bisa lebih hemat 5% sampai 20%.


5. Matikan Mesin Bila Memungkinkan

Sangat dianjurkan untuk mematikan mesin saat macet parah, berhenti karena lampu merah atau saat berada di perlintasan kereta api. Jangan khawatir karena mematikan mesin sama sekali tidak akan merusak kinerja mesin. Bensin yang dihemat dengan mematikan mesin selama 3 menit dapat digunakan untuk menempuh jarak 1 km dengan kecepatan konstan 50 km/jam.


6. Tambah Kecepatan Secara Bertahap

Untuk menghemat penggunaan BBM Anda tidak boleh menekan pedal gas secara mendalam dengan cepat setelah mengurangi kecepatan, karena konsumsi BBM akan lebih besar. Tambahlah kecepatan secara bertahap.


7. Parkir di Tempat Teduh

Parkir di tempat teduh dapat mengurangi penguapan bahan bakar mobil Anda.


8. Bawa Muatan Sesuai Kapasitas

Pastikan jangan pernah membawa beban melebihi kapasitas yang direkomendasikan karena setiap muatan 20 kg akan menambah konsumsi bahan bakar sekitar 1%. Menurut para ahli, mengemudi dengan beban berlebih menempati posisi ke-2 dalam hal pemborosan BBM. Namun saat terpaksa membawa muatan yang cukup banyak, pastikan untuk menggunakan kecepatan rendah.


9. Hindari Rem Mendadak

Selain membahayakan, rem mendadak dapat menyebabkan borosnya BBM pada mobil Anda. Karena ketika rem mendadak kemudian menekan gas lagi untuk mengembalikan kendaraan ke kecepatan semula, pengereman dan penekanan pedal gas akan jauh lebih memboroskan BBM.


10. Gunakan Alat Hemat BBM

Berbagai alat yang dapat menghemat bensin atau fuel saver dapat dicoba untuk diaplikasikan ke mobil Anda karena terbukti mampu menekan pemakaian bensin hingga 10%.

Itulah 10 tips yang dapat menghemat penggunaan BBM kendaraan Anda, selain menguntungkan bagi diri Anda, penghematan BBM juga sangat berguna bagi orang lain mengingat ketersediaannya yang akan habis di masa depan jika terus menerus boros dalam penggunaannya.


Informasi sewa hiace murah di semarang harga all in 1 jt bisa klik di semarangrentcar.com




[ayoselamat.org]

Lembah Manah Jaya

Rental Mobil Terbaik di Semarang

LMJ RentCar, sewa mobil harga mulai dari Rp 175.000,- TELP : 081 390 339 313 | 081 565 991 24 | 081 901 657 313. Mobil terbaru dan banyak pilihan: Karimun, Avanza, Honda Mobilio, Innova, Hiace, Elf, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar