Senin, 15 Januari 2018

Normalkah Ada Tetesan Air AC dari Kolong Mobil?


Semarangrentcar.com Saat mobil berhenti setelah melakukan perjalanan, kerap terdapat air menetes dari kolong mobil. Ketika dicek, ternyata berasal dari lubang pembuangan AC. Jangan galau, karena ini normal.

Seperti kinerja alat pendingin apa pun, proses kondensasi akan menghasilkan embun yang lama-lama akan berkumpul dan menetes dalam satu saluran. Begitu juga dengan AC mobil yang sudah pasti akan ada tetesan air ketika AC terus bekerja.

”Normal dan bagus kalau terjadi demikian (air AC menetes dari kolong mobil). Sebaliknya kalau nggak ada tetesan air di pembuangan AC, maka sistem pendingin kabin tidak normal, atau pertanda AC tidak dingin,” kata Rusdi Sopandi, manajer mekanik misterbrum.id kepada KompasOtomotif, (2/9/2017).

Dengan kata lain, pemilik mobil wajib mengecek lebih lanjut jika tidak ada air AC yang menetes. Rusdi yang juga pemilik bengkel Fendryss di Pondok Kelapa, Jakarta Timur, menegaskan bahwa ada banyak penyebab yang membuat hal tersebut terjadi.

Kemungkinan pertama, saluran pembuangan air AC mobil mampet atau dihuni banyak kotoran. Saat saluran pembuangan ini tersumbat, air hasil kondensasi akan berkumpul dan jika ini dibiarkan, siap-siap terjadi kebocoran di beberapa titik karena air akan terus mencari jalan keluar.

Tersangka lainnya, AC dalam keadaan tidak dingin, atau hanya hembusan angin saja. AC tidak dingin, artinya tak ada proses kondensasi pada pipa-pipa. Air hasil embun kondensasi itu pun tidak pernah muncul, atau cepat kering.

Kalau sudah begini, cek semua bagian, mulai dari kondisi freaon, kebocoran sistem, kompresor lemah atau rusak. Atau juga bisa karena kondesor bocor/ mampet, atau hose saluran AC bocor/ korosi.

sewa mobil semarang
rental mobil jogja
sewa elf semarang
sewa hiace semarang



[kompas.com]

Lembah Manah Jaya

Rental Mobil Terbaik di Semarang

LMJ RentCar, sewa mobil harga mulai dari Rp 175.000,- TELP : 081 390 339 313 | 081 565 991 24 | 081 901 657 313. Mobil terbaru dan banyak pilihan: Karimun, Avanza, Honda Mobilio, Innova, Hiace, Elf, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar