Kamis, 21 Desember 2017

Warung Makan di Semarang Ini Sediakan Olahan Seafood Dipadu Sambal Pedas, Bikin Ketagihan


Di deretan jalan raya Lamper Tengah, Semarang, tepatnya di depan Bank BRI unit Mrican, terdapat sebuah warung yang selalu ramai dikunjungi pembeli. Nampak dari depan warung, terdapat kalimat yang bertuliskan "Seafood Nggemeske", dengan ukuran tulisan yang lumayan besar.

Membaca nama warungnya saja, pasti sudah bisa ditebak masakan apa yang dijajakan di tempat ini. Muhari (32), pemilik warung mengatakan, Seafood Nggemeske sudah ada sejak tahun 2007. Semula, warung ini berada di daerah Jomblang, Candisari, Semarang, dan ukurannya masih tidak sebesar sekarang.

Warung Seafood Nggemeske menyediakan olahan aneka kerang, kepiting, udang, dan aneka ikan, dengan berbagai saus. Namun, saus yang menjadi andalan sekaligus favorit pelanggan yakni, saus Gemes.

"Saus Gemes berbahan dasar saus tomat, sambal, gula pasir, garam, dan merica. Rasanya dominan manis gurih. Konsumen juga bisa memilih level kepedasan, mulai dari Sedang, Pedas, Megap-megap, dan level Mbledos," tuturnya kepada Tribunjateng.com.

Selain saus Gemes, ada juga saus lada hitam, asam manis, mentega, goreng mentega, padang, dan tiram. Warung Seafood Nggemeske juga baru saja mengenalkan menu baru, yang bernama Gulai Kepiting. Sebelum proses pemasakan menu tersebut, Muhari harus merebus kepiting yang berukuran sedang. Lalu, mengolah berbagai bumbu-bumbu gulai, hingga kuahnya mengental. Kemudian, kepiting yang sudah direbus, dimasukkan ke dalam kuah gulai.

"Rasanya dominan gurih, bercampur dengan rasa rempah-rempah. Untuk harga, bisa menyesuaikan ukuran kepiting. Bila ukurannya sedang, harganya Rp 60 ribu, dan yang besar Rp 120 - 150 ribu, per porsi diisi dua ekor kepiting," jelas Muhari.

Dia juga bercerita, pernah ada pembeli yang datang dari luar pulau Jawa, dan hanya ingin mencicipi masakannya. Kemudian, orang yang diceritakan Muhari langsung pulang ke tempat asalnya. Kebanyakan, orang luar Semarang mengetahui warung Seafood Nggemeske, dari media sosial Instagram yang dikelolanya.

"Rata-rata ketika saya tanya, jawabnya tahu dari media sosial dan internet. Tapi saya benar-benar heran, mengapa kok sampai ada yang datang dari Kalimantan, hanya untuk mencoba masakan warung ini," herannya.

Ketika Tribunjateng,com berkunjung ke warungnya, Muhari juga menyajikan menu Kerang Hijau saus Gemes, Kerang Serimping saus Gemes, dan Kepiting Bakar Lada Hitam. Tampilan ketiga menu tersebut sausnya lebih kental, dan lebih sedikit dibandingkan yang dimasak gulai.

"Kuahnya cocok jika dimakan bareng nasi, kalau orang Jawa bilang ngelawuhi. Harga menu kerangnya juga cuma Rp 12 ribu dan Rp 20 ribu per porsi. Sedangkan lada hitamnya Rp 80 ribu," pungkasnya.




[jateng.tribunnews.com]

Lembah Manah Jaya

Rental Mobil Terbaik di Semarang

LMJ RentCar, sewa mobil harga mulai dari Rp 175.000,- TELP : 081 390 339 313 | 081 565 991 24 | 081 901 657 313. Mobil terbaru dan banyak pilihan: Karimun, Avanza, Honda Mobilio, Innova, Hiace, Elf, dan lain-lain.

0 komentar:

Posting Komentar