5 Langkah Saat Mobil Mogok di Jalan Tol, Jangan Panik


Sewa Mobil Semarang LMJrentcar.com. Kendala pada mobil yang menyebabkan mogok bisa terjadi kapan saja. Bahkan ketika mobil tengah melesat di jalan bebas hambatan alias tol. Tentu rasa panik akan menyergap, karena pasti akan bingung bagaimana solusinya.

Hal ini beralasan, karena lalu lintas di jalan tol berbeda dengan jalur biasa. Padahal panik yang berlebihan justru akan menyulitkan diri sendiri. Sebenarnya dibutuhkan ketenangan pada kejadian seperti ini. Selanjutnya, Anda perlu tahu bagaimana langkah-langkah mengatasi masalah tersebut.

Seperti dilansir AstraWorld, Rabu 1 November 2017, langkah pertama yang patut dilakukan adalah menepikan kendaraan ke tepi. Kalau memungkinkan, usahakan roda kiri mobil lebih keluar dari bahu jalan, yaitu menapak di rumput, sehingga posisi mobil akan lebih keluar dari jalan. Tujuannya adalah untuk menghindari terserempet oleh pengendara lain yang sedang menggunakan jalur paling kiri selain bahu jalan.

Kedua, nyalakan lampu hazard, dan tambahkan lampu kecil juga jika kejadiannya pada malam hari. Tujuannya agar lebih terlihat oleh pengendara lain, sehingga mobil yang melintas dapat mengetahui bahwa ada mobil yang sedang dalam kondisi darurat dan berhenti di pinggir jalan. Lampu hazard juga dapat terlihat dari kejauhan, sehingga mobil yang melintas lebih berhati-hati dan memposisikan mobil lebih ke kanan.

Ketiga, pasang segitiga pengaman untuk menginformasikan ke pengendara lain bahwa kendaraan sedang bermasalah. Segitiga pengaman dipasang lebih dari 10 meter di belakang mobil dan lebih keluar 30-50 sentimeter jika ditarik garis lurus dari body terluar mobil sisi kanan, searah dengan perlintasan mobil lain.

Namun jika di jalan tol sedang macet atau padat merayap, jarak segitiga pengaman bisa dikurangi menjadi  kurang lebih lima meter.

Keempat, penumpang segera keluar dari mobil. Tujuannya untuk menghindari cedera jika terjadi tabrak belakang dari pengendara lain yang masih memanfaatkan bahu jalan untuk jalur laju mobilnya. Usahakan tidak ada satu orang pun yang berada di dalam mobil mengingat risikonya yang cukup parah jika terjadi tabrak belakang.

Kelima, hubungi pengelola jalan tol, misalnya jika berada di jalan tol Jasa Marga, Anda dapat menghubungi 14080 untuk meminta bantuan penderekan ke pintu keluar tol yang terdekat. Namun jika berada di tol selain Jasa Marga, nantinya akan diinformasikan nomor telepon dereknya. Setelah keluar dari tol, Anda dapat menghubungi bengkel langganan atau penyedia layanan darurat untuk dapat mengatasi masalah pada mobil Anda.




[viva.co.id]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar