Tips Parkir Mobil Aman dan Tidak Melanggar Lalu Lintas


Kepadatan pemukiman dan kemacetan lalu lintas adalah gambaran umum bagi kota besar. Selain kemacetan, minimnya lahan parkir terkadang membuat pemilik mobil kerap mengabaikan keamanan dan aturan lalu lintas. Untuk bisa memarkir mobil secara aman dan tidak melanggar aturan lalu lintas silahkan simak beberapa tips di bawah ini.


1. Hindari Parkir Di Bawah Pohon Besar

Banyak orang biasanya suka memarkir mobil di bawah pohon karena dianggap teduh dan terlindung dari sinar matahari. Namun hal ini pura-pura menimbulkan banyak risiko terlebih khususnya saat hujan beserta angin besar. Jika terjadi hujan, mobil Anda bisa saja terkena tetesan getah, kejatuhan ranting atau bahkan kejatuhan pohon.


2. Jangan Parkir Dekat Papan Reklame

Seperti pohon, papan reklame merupakan objek yang juga rentan terhadap tiupan angin kencang. Jika papan reklame tidak memasang dengan hati-hati bisa jatuh walau hanya angin kecil. Jadi sebaiknya Anda jangan pakir mobil di dekat papan reklame. 


3. Area Parkir Terbuka yang Cekung

Parkir mobil di kontur tanah yang cekung juga memiliki risiko tergenang air saat hujan. Apabila lokasi tersebut tergenang air maka mobil yang terparkir di area itu otomatis ikut tergenang. Sebaiknya tanyakan dahulu kepada warga sekitar atau petugas parkir setempat apakah area tersebut rawan banjir atau tidak.


4. Bahu Jalan

Parkir mobil di bahu jalan masih banyak terlihat walau tindakannya pelanggaran lalu lintas. Pakir mobil di bahu jalan meningkatkan risiko mobil baret terserempet oleh pengendara lain, bahkan mobil Anda ditabrak akibat kelalaian pengendara lain. Oleh karena itu, Anda harus hindari kebiasaan pakir yang buruk ini.


5. Tanjakan atau Turunan

Kondisi jalan yang menurun dan menanjak itu kurang baik untuk memarkir mobil Anda. Karena gaya gravitasi yang mengakibatkan mobil untuk condong bergerak ke arah yang lebih rendah. Jika Anda memilih pakir mobil di tempat ini, akibatnya adalah  rem pada transmisi otomatis akan bekerja lebih berat. Anda bisa memanfaatkan batu atau balok untuk meringankan beban rem parkir dan gigi P. Tapi jika ada pilihan lain sebaiknya parkir di tempat yang datar.


6. Tempat Sepi

Tempat yang sepi memang tidak dianjurkan untuk memarkir mobil. Faktor keamanan menjadi alasan utama. Tempat sepi adalah tempat bagus bagi  para pelaku kriminal untuk melakukan pencurian. Menurut Training and Development Manager Real Driving Centre (RDC), Marcel Kurniawan sebaiknya Anda parkir di tempat yang ada security dan pastikan periksa terlebih dahulu area sekitar lot parkir. Pastikan aman dari berbagai hal, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


Itulah beberapa tips pakir mobil aman dan tidak melanggar aturan lalu lintas. Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat yang sering berjalan-jalan dengan mobil.




[cintamobil.com]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar