Perbedaan Mobil Matic dan Manual (Bagian 2)


Saat ini mobil merupakan kebutuhan transportasi yang paling banyak dicari orang. Selain karena fungsinya yang dapat melindungi dari panas dan hujan, mobil juga dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan yang membuat penggunanya merasa aman dan nyaman dalam berkendara.

Mobil saat ini memiliki beragam jenis dengan berbagai merk dan brand yang menawarkan berbagai fitur menarik didalamnya. Pada dasarnya, mobil dibagi menjadi dua jenis jika dilihat dari sistem transmisi (perpindahan gigi) yaitu mobil matic dan mobil manual. Untuk mengetahui mobil mana yang sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut lanjutan penjelasan mengenai perbedaan mobil matic dan manual dari berbagai sisi.


2. Dilihat Dari Pengoperasiannya

Untuk mobil yang menggunakan sistem transmisi manual, kaki kiri memiliki fungsi untuk menekan kopling sedangkan kaki kanan digunakan untuk menginjak rem dan juga gas. Selain itu, tangan kiri anda juga harus selalu aktif pada saat melakukan proses pemindahan gigi. Hal tersebut sangat berbeda bila anda sedang mengendarai mobil matic. Pada mobil matic, hanya kaki kanan yang bergerak aktif. Kaki kanan berfungsi untuk menginjak pedal gas dan rem mobil. Sedangkan untuk kaki kiri anda tidak melakukan pekerjaan apapun atau tidak berfungsi. Untuk tangan kiri pun juga dapat bebas melakukan apapun karena jarang digunakan pada saat proses pemindahan gigi mobil.


3. Dari Segi Bahan Bakar

Perbedaan mobil matic dan mobil manual lainnya adalah dari segi pemakaian bahan bakar mobil. Untuk mobil matic, konsumsi bahan bakar nya lebih boros bila dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini dikarenakan pada mobil matic, kinerja mesin mobil lebih berat dibandingkan dengan mobil yang menggunakan transmisi manual. Selain itu, putaran mesin mobil matic tidak dapat diatur sehingga konsumsi bahan bakar akan lebih banyak.


4. Dari Segi Kenyamanan Berkendara

Dari masalah kenyamanan berkendara, mobil matic memang jauh lebih diunggulkan bila anda bandingkan dengan mobil manual. Hal ini disebabkan oleh perpindahan transmisinya yang lebih halus dan nyaman. Tidak seperti pada mobil transmisi manual yang terkadang pada saat proses pemindahan gigi nya terasa kasar.


5. Dari Perawatan Mobil

Untuk masalah perawatan, mobil matic akan lebih memakan biaya yang lebih banyak bila dibandingkan dengan mobil manual. Hal ini dikarenakan harga kopling, sparepart, ataupun komponen mobil lainnya yang memang terbilang lebih mahal dibandingkan dengan komponen-komponen mobil manual. Selain itu, mobil matic yang sudah menempuh jarak 50.000 km harus dilakukan pergantian plat koplingnya. Tentunya hal tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit.




(bersambung)



[showroommobil.co.id]
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar