Penasaran dengan Eco Driving? Ini Kuncinya

rental mobil semarang lmj, rental mobil murah semarang


LMJrentcar.com – Sudah bukan zamannya kebut-kebutan, di tengah kondisi jalan yang semakin hari kian padat. Pengguna mobil kini mulai mengikuti tren yang bisa jadi lebih berguna, yakni mengemudi irit alias Eco driving.

Beberapa kali dijabarkan soal metode pengemudian ini, terkait dengan teknik. Namun, menurut Guntur, Trainer dari LMJrentcar.com Semarang Indonesia, justru hal paling penting adalah dalam eco driving adalah mindset.

60 persen penentu eco driving adalah pola pikir, bisa mengendalikan emosi atau tidak? Buat sebagian orang memang susah, dan itu perlu latihan.

Tak hanya pola pikir, kebiasaan dan soal cuaca. Ketika suhu makin rendah, kerapatan udara dikatakan makin bagus. Oksigen yang masuk ke ruang bakar makin rapat dan ini semakin menyempurnakan pembakaran.

Misalnya, mengemudi malam hari akan lebih irit ketimbang siang. Tidak bisa dilawan.

Buat yang ingin me-review apa saja teknik yang dibutuhkan, beberapa hal berikut ini sebagai kunci:
  1. Injak gas secara halus. Jika mobil bertransmisi manual, secepat mungkin oper gigi. Kalau transmisi otomatis, tahan di putaran mesin tak lebih dari 2.000 rpm. 
  2. Antisipasi lalu lintas. Kadang kita suka lupa injak gas tanpa melihat situasi di depan. Padahal, mengurangi pengereman justru menjadi kunci mengemudi irit 
  3. Jangan main setengah kopling untuk pengguna mobil bertransmisi manual. Tenaga mesin akan terbuang, otomatis bahan bakar juga ikut boros. 
  4. Engine brake. Selalu pakai kalau memungkinkan. Gunakan semaksimal mungkin. 
  5. Pertahankan kecepatan konstan di jalur bebas hambatan. 
  6. Usahakan jangan idle terlalu lama alias stasioner. Memang, ada kondisi yang harus begitu, termasuk saat berhenti di lampu merah. 
  7. AC. Kompresor ambil tenaga dari mesin. Semakin lama hidup, bahan bakar yang disedot semaki banyak. Temperatur tak perlu digeser sampai paling dingin, secukupnya saja agar kompresor tak banyak bekerja. Blower tidak akan berpengaruh.
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar