Jangan Salah Pilih BBM

LMJrentcar.com Untuk kendaraan, bensin ibarat makanan dan minuman yang harus dikonsumsi sehari-hari. Ibarat makhluk hidup, pemilihan makanan bergizi tinggi tentu memengaruhi kesehatan tubuh. Sama halnya dengan mobil. Jangan sampai mobil Anda ‘minum’ bensin yang tidak tepat.

Saat ini tersedia empat kasta oktan dikeluarkan Pertamina. Pertalite dengan oktan 90, Pertamax beroktan 92, Pertamax Plus 95 dan Pertamax Turbo 98. Tetapi tunggu, bukan berarti semakin tinggi semakin baik, lho. Sesuaikan dengan kebutuhan kendaraan Anda.Umumnya produsen menuliskan oktan yang dibutuhkan mobil pada bagian dalam tutup tangki. Jika ingin tahu lebih lanjut, bisa melihat spesifikasi teknis kendaraan. Ini bisa Anda lihat di brosur mobil, atau di situs resmi pabrikan.

Sebagai contoh, Pertalite yang diklaim memiliki angka oktan 90 yang cocok bagi mesin kendaraan memiliki perbandingan kompresi 9 – 10:1. Nah, sejatinya rata-rata mobil baru di Tanah Air memiliki spesifikasi untuk minum bbm beroktan 91. Artinya, sangat disarankan untuk menggunakan Pertamax. Jika tidak, maka pembakarannya akan kurang sempurna dan timbul gejala knocking. Jika diteruskan dalam waktu lama dapat merusak mesin.

Seperti sudah disebut di atas, bukan berarti semakin tinggi semakin baik. Pertamax Turbo beroktan 98 hanya cocok digunakan bagi mobil-mobil dengan rasio kompresi mesin 12:1. Umumnya hanya supercar atau mobil balap menggunakan mesin dengan rasio kompresi setinggi ini.

Apa efeknya jika mobil ‘biasa’ minum oktan tinggi? Bisa saja mesin akan sulit menyala. Ini karena bbm beroktan tinggi membutuhkan mesin yang dapat menghasilkan panas awal tinggi.

Kendaraan bermesin bensin saat ini, banyak yang menggunakan perbandingan kompresi yang lebih pas kalau pakai si biru bening tersebut.


Share on Google Plus

About LMJ Semarang

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar