Tips Mengemudi Melewati Jalan Berlubang

Saat mengemudi mobil, maka kamu harus siap dengan segala bentuk medan yang akan dihadapi. Baik itu jalanan yang lancar untuk melaju atau macet dan memaksa kamu mengemudi dengan stop and go, jalanan yang menanjak atau juga menurun, serta jalanan yang mulus dan mengajak kamu memacu kendaraan atau juga jalanan berlubang yang mengharuskan kamu mengemudi dengan perlahan dan lebih waspada.

Sebenarnya tidak ada cara khusus yang bisa dilakukan saat mengemudi di jalanan yang berlubang. Yang dibutuhkan adalah kewaspadaan, respon yang cepat dan juga kecermatan untuk mencari jalur terbaik. Namun berikut ini mungkin sedikit tips mengemudi yang bisa kamu coba untuk melalui jalanan berlubang.

Kurangi Kecepatan Mobil

Kecepatan adalah hal pertama yang harus diperhatikan saat akan melewati jalan berlubang. Sangat dianjurkan untuk memperlambat laju kendaraan sebelum sampai di titik jalanan berlubang tersebut. Lakukan secara bertahap dan jangan pernah menginjak rem terlalu kuat saat roda sudah memasuki lobang. Hal ini akan membuat ban dan velg mobil justru menerima benturan kuat dengan pinggir lubang.

Agar lebih aman, jaga jarak mobil yang ada kemudikan dengan kendaraan di depan anda. Sehingga anda dapat melihat kondisi jalan lebih cepat dan dapat mengantisipasi kondisi jalanan yang berlubang tersebut. Selain itu, sebisa mungkin hindari pengereman secara mendadak karena dapat membuat kedaraan di belakang anda terkejut. Lakukan pengereman secara bertahap agar mobil sudah cukup lambat saat akan melewati jalan berlubang.

Pehatikan Kedalaman Lubang

Saat melewati jalan berlubang, kamu akan dihadapkan dengan pilihan melewati lubang tersebut atau menghindari lubang dan memilih jalur yang relatif baik. Jika kamu memilih untuk melewati lubang, sebaiknya perhatikan kedalaman lubang serta ketinggian ground clearance mobil yang kamu kemudikan. Sebagai parameter, lihat bagaimana mobil di depan kamu melewati lubang tersebut. Jika dirasa terlalu dalam, lakukan manuver secara perlahan untuk mencari jalur paling rendah. Atau bahkan menempatkan lubang tepat di antara roda mobil kamu.

Jika kamu memilih manuver dan menghindari lubang, jangan lakukan secara mendadak. Perhatikan kondisi lalu lintas, kendaraan di belakang atau juga di depan jika jalanan tersebut dua arah. Hal ini penting untuk menghindari kecelakaan yang lebih parah karena manuver tiba-tiba saat menghindari lubang.

Tips Mengemudi Mobil di Jalan Berlubang

Pegang Kemudi Dengan Kuat
Saat mobil memasuki jalan berlubang, kemudi akan mengikuti arah roda yang menghantam pinggiran lubang. Akibatnya, kemudi kendaraan akan mengikuti kontur atau arah yang dipengaruhi benturan roda tersebut. Jika kamu tidak sedang memegang kemudi dengan kuat, ada kemungkinan mobil akan berbelok secara mendadak. Sehingga penting untuk memegang kemudi dengan kuat agar kamu tetap bisa menjaga arah kendaraan saat melewati jalanan berlubang.

Selain itu, pastikan pula posisi mengemudi anda sudah dalam posisi yang pas. Kurangi kemungkinan anda terguncang kuat, apalagi sampai terpental saat mobil melewati jalanan berlubang.

Hindari Dinding Ban Tergesek Pinggir Lubang

Jika terpaksa harus melewati lubang, maka coba untuk memastikan tapak ban mobil secara merata masuk ke dalam lubang. Tujuannya adalah untuk menghindari ban yang masuk ke lubang terlalu ke pinggir, sehingga dinding ban tergesek pinggiran lubang. Hal ini cukup penting karena dinding ban tidak didesain sekuat bagian tapak ban. Sehingga jika tergesek oleh lubang jalanan, bisa saja ban mobil jadi lebih cepat rusak.

Jika anda terlanjur menghantam lubang jalanan dengan kuat saat kecepatan tinggi, segera cari tempat aman untuk menepi. Periksa kerusakan yang terjadi dan langsung terlihat. Biasanya ban langsung kempes atau bahkan pecah, velg menjadi peyang atau retak dan sejenisnya. Jika terjadi hal tersebut, segera ganti ban mobil dengan ban serep yang anda bawa. Karena mengemudi mobil dengan ban kempes sangat berbahaya (baca juga: bahaya ban mobil kempes).

Selanjutnya, periksakan mekanisme kaki-kaki mobil anda sebelum ada kerusakan yang lebih parah. Karena umumnya ada beberapa kerusakan akibat sering melewati jalan berlubang yang sering dialami oleh pemilik kendaraan.
Sumber : www.asapmobil.com

Informasi sewa mobil semarang, rental mobil semarang, sewa hiace semarang, rental hiace semarang sewa elf semarang, rental elf semarang bisa klik di semarangrentcar.com atau LMJrentcar.com
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.