Cara agar Roda Mobil Tak Kehilangan Traksi di Tikungan

LMJrentcar.com Saat belajar mengemudikan mobil, kita sering diperkenalkan dengan understeer atau oversteer. Dua hal ini patut diketahui saat kita melintasi jalan yang tidak lurus.

Understeer merupakan kondisi mobil terus meluncur lurus walaupun lingkar kemudi sudah diputar oleh pengemudi. Sementara oversteer adalah kondisi mobil lebih cepat berbelok padahal pengemudi baru sedikit melakukan putaran pada lingkar kemudi.

Kedua hal tersebut terjadi lantaran ban mobil kehilangan traksi (daya cengkeram) di atas permukan jalan.

Hasnul Arifin Pulungan (50), instruktur keselamatan berkendara dari Rifat Drive Labs (RDL), menjelaskan, pengemudi harus bisa memastikan roda tidak kehilangan traksi agar tidak terjadi kecelakaan.

"Dalam melibas tikungan sebenarnya yang paling penting itu ban jangan sampai kehilangan traksi dengan jalan. Tak ada batasan soal kecepatan tertantu yang aman kala melewati jalan menikung, pengemudilah yang harus paham situasi dan kondisi jalan agar kedua hal ini tidak terjadi,” ungkapnya.

Ada beberapa hal yang perlu diketahui pengemudi agar terhindar dari understeer atau oversteer:

1. Slow in, fast out

Ini merupakan prinsip utama saat menikung. Jalankan kendaraan secara pelan saat hendak memasuki tikungan. Kemudian tambah kecepatan hingga tikungan yang dilewati selesai.

2. Out to out

Jika ingin menikung ke kiri, maka sebelum masuk di tikungan arahkan posisi mobil agak ke kanan, lalu lewati tikungan dengan posisi mobil dengan objek di kiri dan tambah kecepatan hingga kendaraan menjauh dari tikungan.

3. Jangan injak rem terlalu dalam

Saat melibas jalan menikung hendaknya tidak menekan pedal rem terlalu dalam. Penting diingat saat mengurangi kecepatan berarti traksi mobil berkurang dan kemungkinan celaka menjadi besar. Pedal rem hanya diinjak untuk berjaga-jaga jika ada kendaraan dari arah berlawanan.

4. Kontrol setir

Sama halnya dengan kecepatan, kontrol setir saat berada di jalan menikung pun hanya pengemudi yang dapat mengetahuinya. Seberapa besar lingkar kemudi harus diputar ataupun ditahan dalam menikung.
Sumber : news.okezone.com

Untuk informasi sewa mobil semarang bisa klik www.semarangrentcar.com
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar