Berencana Mudik Mengendarai Mobil, Perhatikan Tips Berikut

Anda berencana untuk mudik lebaran dengan menggunakan mobil pribadi? Selalu berhati-hatilah, terutama untuk perjalanan yang sangat jauh, plus kemacetan yang pasti akan terjadi.

Hipnosis jalan bebas hambatan adalah masalah yang sering dialami para pengendara yang tidak memiliki daya tahan fisik cukup baik. Jalan yang panjang dan mulus itu sering membius para pengemudi sehingga lengah dan kerap mengakibatkan kecelakaan.

Lebih dari 60 persen pengemudi juga mengaku sering mengantuk di jalan. Siapkan kondisi fisik dan kendaraan dan perhatikan hal-hal berikut ini.

1. Tabung tidur dan tenaga
Sebelum berangkat, pikirkan rasa lelah selama perjalanan. Tidurlah minimal tujuh jam setidaknya dua malam berturut-turut sebelum berangkat untuk menabung energi. Hindari mengemudi antara pukul 13-15.00 karena saat itu tubuh sedang dalam temperatur lebih rendah sehingga mudah mengantuk.

2. Isi “bensin”
Bukan mobil yang harus diisi bensinnya, tapi juga pengemudi. Siapkan berbagai vitamin, makanan sehat, atau makanan kecil yang juga sehat selama perjalanan dan hindari berhenti di restoran cepat saji.

3. Jaga cairan tubuh
Hindari dehidrasi. Banyak-banyak minum air putih dan siapkan stok yang cukup selama perjalanan.

4. Istirahat
Jangan dipaksakan mengemudi tanpa berhenti. Berhentilah setiap dua jam untuk meluruskan kaki dan tubuh. Rencanakan sebelumnya kapan akan berhenti, misalnya pada waktu makan.

5. Kunyah permen karet
Mengunyah permen adalah salah satu cara untuk menghindari kantuk lewat gerakan mengunyah berulang-ulang. Pilihlah permen karet yang rendah atau bebas gula.

6. Pilih pengharum yang pas
Aroma pengharum mobil juga bisa mempengaruhi suasana hati. Pilihlah aroma pepermin atau yang menyegarkan, bukan yang bikin mengantuk.

7. Duduk yang lurus
Pastika posisi tempat duduk lurus dan pas dengan tubuh untuk memaksimalkan peredaran darah.

8. Buat penumpang terus terhibur
Perjalanan jauh, apalagi dengan anak-anak, bisa jadi sangat melelahkan. Siapkan hiburan buat anak-anak, seperti buku, permainan, atau musik.

9. Hindari kesunyian
Untuk menghindari kantuk, cobalah mendengarkan musik atau hiburan lain seperti lawak yang akan membuat tertawa.
Sumber : www.harian88.com
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.