Tips Cara Mencuci Mobil Yang Benar

sewa mobil semarang
Semarangrentcar.com Bagaimana tips cara membersihkan dan mencuci mobil pribadi sendiri agar cat mobil menjadi berkilau awet tahan lama dan tidak kusam

Mencuci mobil sendiri mungkin terdengar sebagai kegiatan yang mudah dilakukan. Namun meskipun terlihat sederhana, mencuci mobil tetaplah harus dilakukan dengan cara-cara yang benar. Mencuci mobil dengan tidak hati-hati dan minim pengetahuan tentang cara mencuci mobil yang benar tentu dapat menyebabkan masalah serius pada mobil kesayangan Anda. Misalnya timbul goresan pada cat mobil Anda, cat mobil menjadi kusam/tidak berkilau, timbul kerak pada bodi mobil Anda, atau tumbuhnya jamur pada bagian dalam mobil. Saya yakin Anda tentu tidak ingin hal tersebut terjadi pada mobil Anda. Ingin mengetahui bagaimana cara mencuci mobil dengan benar? Berikut ini kami ulas secara detil tips cara mencuci mobil dengan benar. Simak ya.

Persiapkan alat-alat yang akan digunakan, seperti semprotan nozzle, selang air, ember, shampo khusus mobil, busa spon untuk menggosok bodi mobil, busa spon untuk membersihkan roda, sikat lembut, lap chamois/kanebo, alat penyedot debu untuk membersihkan bagaian dalam mobil, serta pengilap dasbor dan ban.

Cuci roda/ban dan kolong terlebih dahulu. Gunakan spon untuk membersihkan bagian bawah mobil seperti dek, bagian dalam spakbor dan bagian dalam bemper, suspensi, serta kaki-kaki. Bagian ini paling sering terkena debu serta kotoran, seperti lumpur, tanah dan aspal. Untuk bagian roda/ban Anda dapat membersihkannya dengan cara membasahinya terlebih dahulu, lalu sikat dengan air sabun hingga bersih kemudian bilas. Gunakan selang yang dapat diatur semprotannya, agar kotoran dan partikel kasar yang menempel dapat lepas dengan mudah. Jika ada noda yang sulit untuk dibersihkan, gunakanlah sikat sabut.

Setelah bagian bawah selesai, cucilah bagian atas, dimulai dengan membasahi atap. Biarkan air mengalir ke seluruh bodi mobil. Semprot body mobil untuk melarutkan kotoran halus serta guyur mobil sambil dilap untuk menghilangkan partikel kasar yang menempel pada mobil. Jangan lupa untuk menututup terlebih dahulu jendela dan pintu mobil dengan rapat agar air tidak masuk ke dalam. Jangan mengelap debu atau kotoran dalam keadaan kering karena partikel debu dapat menimbulkan goresan pada cat bodi mobil.

Gunakan shampoo khusus mobil dengan pH balance agar cat mobil Anda tetap aman. Shampoo khusus mobil dapat memebersihkan minyak dan sisa pembakaran kendaraan lain yang menempel pada bodi mobil. Gunakan spons khusus yang bersih. Jika permukaan mobil cukup kotor, bilaslah spons berulang kali di sela-sela Anda mengelap mobil.

Cuci mobil di tempat yang sejuk dan sebaiknya cucilah mobil sebelum jam 8 pagi atau setelah jam 5 sore untuk menghindari terik sinar matahari langsung. Ada yang mengatakan bahwa titik-titik air yang menguap dapat menimbulkan kerak yang dapat merusak lapisan cat mobil. Ada juga yang mengatakan pengeringan yang terlalu cepat oleh sinar matahari langsung dapat membuat kotoran yang terlarut oleh shampoo justru melekat lebih erat

Jangan biarkan air shampoo mengering. Bekerjalah dengan cekatan. Bilaslah air busa sabun atau shampo yang masih melekat pada permukaan bodi mobil sebelum mengering. Busa sabun atau shampo yang tercampur kotoran akan menimbulkan kerak yang sulit dibersihkan. Keringkan dengan lap chamois yang sedikit lembab. Pastikan bodi mobil dilap hingga bersih dan kering. Lap microfiber juga dapat digunakan karena lembut, menyerap air, serta cepat kering. Ingat, selama permukaan bodi mobil masih basah, kotoran dan debu menjadi mudah menempel dan akan terlihat jelas ketika permukaan mobil sudah kering.

Dengan menggunakan penyedot debu, mulai lakukan penyedotan kotoran di bagian dek dan bangku serta interior lain. Untuk membersihkan bagian interior yang terkena kotoran baik dari telapak tangan, makanan, minuman, atau sepatu, Anda dapat menggunakan menggunakan spon yang sudah dibasahi sedikit air sabun untuk membilas interior tersebut.
Sumbr : omah-tips.blogspot.co.id

Untuk informasi sewa mobil semarang bisa klik di LMJrentcar.com atau di semarangrentcar.com
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar