Muatan Mobil Berlebihan, Awas Banyak Risiko


Membawa muatan yang berlebihan dapat memicu kerusakan pada suspensi hingga berisiko kecelakaan.

Sebagai gambaran, ia mencontohkan dengan mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) Toyota Avanza yang dapat mengangkut maksimal tujuh orang dan barang bawaan maksimal 100 kilogram.
Misalnya Avanza yang bisa memuat tujuh orang, estimasi satu orang itu berbobot kira-kira 70-75 kilogram. Lebih dari itu, beban suspensi jadi lebih berat. Kalau sudah ngepres banget, suspensi ngeredam tikungan jadi tidak optimum, handling mobil jadi enggak stabil.

Efek buruk dari muatan mobil yang berlebihan juga akan menjalar ke ban mobil. Kendati ban dapat menanggung beban berat, namun jika digunakan untuk menempuh jarak jauh, ban bisa saja meledak dan berpotensi mengancam keselamatan penumpang.
Angkut beban berat ban bisa sebenarnya. Tapi deformasinya jadi tidak maksimal. Ban kan selalu deformasi, ngembang, kecil lagi, ngembang, kecil lagi. Kalau ban terlalu berat dia kayak kempes padahal tekanannya udah maksimal. Nah itu jadi overheat akibatnya jadi pecah ban.

Risiko Menaruh Barang Bawaan di Atap Mobil
Ketika mudik, sering dijumpai juga mobil yang membawa barang bawaan dengan ditumpuk di atap. Padahal sebenarnya atap mobil tidak didesain untuk dibebani dengan barang bawaan  akan terjadi penyok di tengah atap mobil jika bagian tersebut dibebani barang bawaan. Tips mudik jika tetap ingin menumpuk barang di atap, sebaiknya lengkapi mobil Anda dengan roof rack. Pastikan juga barang bawaan ditali dengan kencang agar tidak terjatuh selama perjalanan.
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.