Tips Cara Mengendarai Mobil Saat Macet

Berkendara di kondisi jalan raya kota besar memang sangat rentan dengan menghadapi yang namanya kemacetan. Kesabaran dalam berkendara serta kewaspadaan juga sangat perlu dijaga untuk menghindari mobil yang kita kendarai bersinggungan dengan kendaraan lain. Untuk itu, berikut ada beberapa tips tentang cara mengendarai mobil saat macet.

Kurangi Intensitas Setengah Kopling
Saat kondisi jalanan padat atau macet, kita memang diharuskan bereaksi dengan dengan cara mengemudi stop and go. Namun tidak sedikit orang yang menggunakan teknik setengah kopling untuk mempercepat respon mobil di depan. Agar tidak membuat cepat lelah, atau kopling menjadi cepat panas dan aus, sebaiknya hindari cara ini. Jaga jarak hingga kendaraan di depan kita sudah agak jauh baru mulai berjalan perlahan. Apalagi saat menghadapi macet di tanjakan, penggunaan rem tangan lebih dianjurkan daripada menahan setengah kopling.

Posisikan Transmisi Netral Saat Berhenti
Kemacetan yang parah tak jarang membuat kita harus berhenti di tengah-tengah dalam waktu yang lumayan lama. Jika menghadapi kondisi seperti itu, posisikan transmisi mobil pada kondisi netral. Hal ini untuk menjaga kemungkinan pedal kopling yang terlepas karena pengemudi lupa kalau transmisi dalam posisi aktif, atau bisa juga karena kelelahan. Jika menggunakan mobil matic, berhenti pada posisi transmisi di D terlalu lama akan meningkatkan konsumsi BBM.

Gunakan Lampu Isyarat atau Sein
Jika akan berpindah jalur, memotong atau berputar arah, selalu gunakan lampu sein untuk memberikan isyarat pada mobil di belakang anda. Dalam kondisi macet, tidak semua pengendara mau memberikan jalan mereka. Maka dari itu, bersabarlah dan jangan memaksakan masuk jalur yang tidak diberi akses. Terburu-buru memotong jalur lain juga tidak akan membuat selisih waktu anda melalui macet menjadi jauh lebih cepat. Yang ada, justru memperburuk kemungkinan resiko mobil bersinggungan dengan kendaraan lain.

Lihat Instrumen dan Indikator Kendaraan
Dalam kondisi macet, mobil akan bekerja sedikit lebih keras dibandingkan dengan jalanan yang lancar. Apalagi macet di siang hari yang terik, mesin akan beresiko mengalami overheat hingga mogok. Perhatikan indikator suhu mobil anda dengan baik. Indikator lain seperti oli atau bensin juga jangan sampai dilewatkan. Anda tidak mau kehabisan bensin di tengah-tengah kemacetan bukan?

Untuk bisa mengemudi mobil melalui jalan macet memang tidak perlu trik khusus. Yang penting adalah bersabar dan meningkatkan kewaspadaan.
Sumber : www.asapmobil.com
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.