Langkah-langkah atau Prosedure ganti Warna di STNK pada Mobil

Penggantian warna pada body mobil anda biasanya dilakukan agar dapat merubah penampilan mobil agar lebih menarik. Namun perubahan cat pada mobil dapat melanggar aturan hukum jika warna yang dipilih tidak sesuai dengan yang tertera pada STNK anda.

Kali akan dijelaskan beberapa Prosedur Ganti Warna di STNK pada mobil di SAMSAT daerah anda. Semua prosedur yang akan dijelaskan hampir berlaku di semua SAMSAT yang ada di Indonesia.



Langkah Pertama

Pastikan untuk meminta surat keterangan resmi dari bengkel berupa NPWP, SIUP dan Surat Ijin Gangguan (HO) dari bengkel tempat anda mengubah cat mobil. Selanjutnya pastikan KTP sebagai identitas diri disalin sebanyak satu lembar jika mobil yang diurus adalah kendaraan milik pribadi. Jika yang diurus adalah kendaraan milik perusahaan, maka dokumen yang harus dibawa yaitu Surat Kuasa bermaterai yang ditandatangani oleh pimpinan serta dibubuhi cap perusahaan yang bersangkutan dan salinan akte pendirian + satu lembar salinan domisili.

Setelah identitas diri atau identitas perusahaan sudah lengkap, surat resmi kendaraan STNK asli dan BPKB harus dibawa. BPKB akan digunakan oleh petugas SAMSAT untuk melakukan tes fisik kendaraan. Tes ini dilakukan dengan cara mengecek nomor rangka mesin apakah sesuai atau tidak. Jika nomer sesuai maka berkas persyaratan yang sudah anda bawa akan diproses dibagian administrasi, tetapi jika tidak sesuai maka akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

Proses dari awal pengecekan fisik hingga anda mendapatkan STNK baru kurang lebih memakan waktu sebanyak 44 menit, itu semua tergantung panjang nya antrian di SAMSAT dimana anda berada.

Harga yang dikenakan pun relatif murah bagi pemilik kendaraan bahkan terjangkau , untuk sekali perubahan warna dikenakan biaya sekitar Rp 1 Jt. Semoga pembahasan prosedure ganti Warna STNK pada mobil ini dapat berguna dan selamat mencoba.
Sumber : www.salessuzukimedan.com
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.