Wajib Memiliki Segitiga Pengaman Darurat Pada Mobil Anda

Pernahkah anda melihat pengendara mobil atau truck mengganti ban atau mogok di pinggir jalan? Jika ya, pasti anda pernah melihat segitiga berwarna merah terang yang di pasang di belakang mobil yang mogok atau berhenti di pinggir jalan. Segitiga tersebut adalah segitiga Pengaman Darurat. Kelengkapan berupa segitiga pengaman ini mutlak dimiliki setiap mobil sesuai dengan peraturan lalu lintas yang berlaku. Sanksi akan diberikan bagi pengendara yang melanggar aturan tersebut sesuai Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, ketika berhenti atau parkir dalam keadaan darurat tidak memasang segitiga pengaman, lampu isyarat peringatan bahaya, atau isyarat lain dapat dipidana kurungan paling lama 2 bulan penjara atau denda paling banyak Rp 500.000,00.

Memasang atau memberi tanda dengan menggunakan segitiga pengaman darurat akan menghindarkan dan meminimalisir kecelakaan dijalan karena jika tidak memasang segitiga pengaman saat kendaraan berhenti karena situasi darurat berisiko dapat mengakibatkan kecelakaan dikarenakan pengendara lain tidak memperhatikan adanya tanda dari kita. Oleh karena itu, untuk menghindari terjadinya tabrakan saat mengganti ban kempes atau masalah darurat lain nya, pastikan Anda menyalakan lampu darurat atau lampu hazard, dan meletakkan segitiga pengaman. Berikut tips cara penggunaan segitiga pengaman saat mengganti ban kempes, terutama jika dilakukan di pinggir jalan.
  •  Pastikan reflektor segitiga pengaman dalam kondisi baik, terutama saat digunakan di malam hari.
  • Letakkan segitiga pengaman di depan dan belakang mobil jika menghentikan kendaraan di jalan dengan lalu lintas dua arah.
  • Sesuaikan jarak penempatan segitiga pengaman dengan situasi lalu lintas di sekitar kendaraan. Semakin tinggi kecepatan kendaraan yang lalu lalang, semakin jauh posisi segitiga pengaman dari mobil. Hal ini berguna agar kendaraan lain dapat melihat sehingga cukup waktu dan jarak untuk melakukan antisipasi.
  • Jika ban yang harus diganti berada di sisi luar kendaraan, letakkan segitiga pengaman agak melebar dari bodi bagian luar. Tujuannya untuk keamanan saat melakukan penggatian ban dan Anda pun lebih leluasa melakukan perbaikan.
  • Selesai melakukan penggantian ban, pastikan lampu hazard tetap menyala selama Anda merapikan segitiga pengaman.
Demikianlah beberapa tips dan fungsi penggunaan segitiga pengaman darurat di mobil anda. Mungkin segitiga pengaman darurat ini kelihatan seperti hal yang sepele, tapi sangat bermanfaat menghindarkan kita dari bahaya kecelakaan dijalan raya terutama pada malam hari karena kurangnya cahaya dan penerangan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda memahami guna nya segitiga pengaman serta dapat memahami aturan lalu lintas sebagai warga negara yang baik.
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar