Tips Mengemudi Mobil di Malam Hari

Cara mengendarai mobil di malam hari pada dasarnya tentu sama saja dengan saat mengemudi saat siang hari. Kita membutuhkan konsentrasi, waspada dan tentu saja berhati-hati. Namun kondisi malam hari yang gelap, apalagi dalam kondisi jalan yang kurang cahaya tentu juga meningkatkan resiko hal yang tidak diinginkan. Baik itu resiko kecelakaan maupun adanya ancaman tindakan kejahatan. Kuncinya, tentu meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaann dalam mengemudi.

Malam hari juga membuat jarak pandang menjadi terbatas. Penggunaan lampu utama tentu akan sangat membantu kita dalam berkendara. Namun dalam kondisi gelap, lampu mobil yang kita gunakan serta lampu mobil lain yang ada di depan maupun di belakang kita terkadang cukup mengganggu dan memecah konsentrasi. Apalagi jika lampu terlalu terang dan menyilaukan.

Untuk tetap menjaga kenyamanan dan keamanan dalam berkendara di malam hari, maka berikut ada tips mengemudi yang mungkin dapat dicoba.

Pastikan kaca mobil anda dalam kondisi bersih dan tidak mengganggu pandangan. Kaca mobil yang kotor akan membuat daya pandang cukup terganggu. Maka dari itu, jika ingin berkendara pada malam hari ada baiknya untuk membersihkan kaca yang membantu meningkatkan pandangan kita. Untuk berjaga-jaga, maka pastikan penampung pembersih kaca terisi. Akan lebih baik jika diisi dengan cairan khusus pembersih kaca mobil. Sehingga anda dapat menggunakannya sewaktu-waktu kaca terkena cipratan air atau kotoran.

Atur sorotan lampu depan agar optimal. Tidak sedikit orang yang memiliki lampu mobil dengan ketinggian kurang wajar. Baik itu terlalu rendah, atau terlalu ke atas. Jika terlalu rendah, anda tidak akan bisa melihat jalanan dengan baik. Namun jika terlalu ke atas, maka akan mengganggu pengendara lain, khususnya yang berlawanan arah. Atur ketinggian lampu ini di bengkel yang terpercaya.

Gunakan lampu dengan kualitas pencahayaan yang baik. Bohlam lampu mobil sekarang ini sudah banyak model dan jenisnya. Pastikan anda menggunakan bohlam dalam kondisi baik dengan kualitas cahaya yang baik pula. Kualitas yang baik adalah yang mampu memberi penerangan di perjalanan dengan baik namun tidak membuat pengendara di depan anda menjadi silau dan terganggu.

Lampu yang baik sekalipun akan terganggu kinerjanya jika kaca lampu depan dalam kondisi kotor. Maka dari itu, bersihkan kaca lampu dengan benar agar cahaya lampu mobil dapat keluar dan menerangi jalan dengan baik. Anda dapat mencuci kaca lampu ini, atau menggunakan cairan pembersih kaca.

Sebisa mungkin jaga kondisi mobil anda bersih saat akan melakukan perjalanan. Cat mobil yang bersih dan tidak tertutupi kotoran seperti debu akan memiliki sifat relevtive dan mampu memantulkan cahaya dengan baik. Dengan demikian, pengendara lain dapat melihat keberadaan anda dengan jelas dan dapat menjaga jarak dengan baik khususnya saat akan memotong jalan.

Hindari penggunaan kaca film yang terlalu gelap. Saat berkendara di malam hari, penggunaan kaca film tentu lebih mempengaruhi jarak pandang dan visibility dibandingkan mengemudi saat siang hari. Ukuran kegelapan yang dianjurkan adalah 20% pada kaca depan serta 40% untuk kaca samping dan kaca belakang.
Sumber : www.asapmobil.com
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar