Mengurangi Kelelahan Saat Menyetir Jarak Jauh

Apabila Anda menempuh perjalanan jauh dengan mengendarai mobil, selain menyenangkan tentu saja mempunyai tantangan tersendiri. Pegal-pegal atau anggota tubuh yang terasa sakit adalah beberapa kendala yang sering dihadapi pengemudi jarak jauh. Namun, jangan biarkan kendala-kendala tersebut mengurangi kegembiraan perjalanan.

Bagi Anda yang mengendarai sendiri mobil Anda, tips berikut bisa menjadi panduan singkat supaya kelelahan menyetir jarak jauh bisa berkurang dan perjalanan Anda menjadi menyenangkan. Tips-tips tersebut antara lain:

Pertama, jaga kondisi badan tetap fit dengan cara cukup tidur sebelum menempuh perjalanan, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang dan cukup minum air putih. Jika perlu konsumsi vitamin C untuk menjaga stamina. Perbanyak konsumsi buah-buahan juga bisa menambah dan mempertahankan stamina tubuh.

Kedua, atur posisi duduk dan memegang stir agar Anda tetap nyaman sepanjang perjalanan. Caranya atur posisi duduk sesuai panjang kaki dan jangkauan tangan terhadap stir sehingga memudahkan refleks Anda saat mengendalikan stir, menginjak gas, rem, atau kopling.

Ketiga, berkendaralah dengan sabar dan tenang, jangan mudah terpancing emosi jika ada kendaraan lain yang ugal-ugalan. Lebih baik mengalah terhadap kendaraan yang besar ataupun kendaraan yang ugal-ugalan.

Keempat, beristirahat sejenak, sedikitnya 15 menit jika Anda telah menyetir selama 2 jam. Lakukan peregangan otot dengan berolah raga ringan, makan-minum, atau melakukan aktivitas lain untuk menghilangkan kejenuhan.

Kelima, untuk menghindari rasa lelah akibat kabin yang panas, Anda bisa memasang kaca film yang mempunyai daya tolak panas maksimal. V-KOOL® sudah dikenal sebagai kaca film terbaik di Indonesia.

Memakai V-KOOL® akan membantu Anda berkendara dengan nyaman dan sejuk yang otomatis akan mengurangi rasa lelah. Sebagai brand internasional, V-KOOL® mempunyai jaringan dealer yang merata di seluruh kota besar di Indonesia. Hal ini akan mempermudah konsumen untuk melakukan pembelian, pemasangan dan pelayanan after-sales service produk V-KOOL®.

Keenam, jika Anda mulai mengantuk segera cari tempat pemberhentian yang aman, seperti SPBU, restoran, rest-area, atau tempat rekreasi. Sempatkan untuk tidur walaupun sebentar. Jangan paksakan diri Anda tetap terjaga dengan mengkonsumsi kopi atau minuman energi yang mengandung kafein.

Terakhir, perhatikan juga apabila perjalanan Anda dilakukan pada malam hari, karena perjalanan malam hari harus lebih konsentrasi, fokus dan perlu perhatian ekstra apalagi saat hujan turun.

Malam hari, kondisi Anda cenderung turun karena tenaga sudah dihabiskan pada saat siang hari. Waspada terhadap kendaraan-kendaraan besar seperti bus dan truk. Untuk kaca depan, dianjurkan memakai kaca film yang bening. V-KOOL 70 diciptakan dengan kejernihan maksimal sehingga tidak mengganggu daya pandang pengemudi. Kaca film V-KOOL® juga akan membantu mengurangi silau akibat cahaya lampu dari depan ketika berkendara pada malam hari.
Sumber : viva.co.id
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar