5 Tips Mengendara Hemat Bahan Bakar

Hemat bahan bakar adalah hal yang senantiasa diidamkan para pengendara baik itu motor maupun mobil. Dengan hemat bahan bakar berarti hemat biaya. Diantara banyak faktor yang mempengaruhi penghematan bahan bakar adalah perawatan kendaraan secara teratur.

Jika perawatan sudah dilakukan secara teratur, faktor lain yang membantu penghematan bahan bakar adalah cara berkendara atau cara mengemudi yang baik dan teratur. Bahkan dengan mengemudi yang baik dan teratur dapat menekan penghematan bahan bakar hingga 25 persen. Hemat BBM Hemat BiayaBerikut adalah 5 Tips Mengendara Hemat Bahan Bakar.

Pertama, jangan injak pedal gas seenaknya
Lakukan injak gas secara halus. Sesuaikan posisi gear dengan kecepatan dan posisikan gear pada putaran 2.000 dan 2.500 rpm. Jika Anda menggunakan motor, lakukan tarikan gas secara halus. Pindahkan gigi begitu sampai batas maksimal kecepatan. Hindari kebiasaan menarik gas tinggi pada gigi rendah karena membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros. Hindari juga menggeber-geber gas pada saat kendaraan melaju pelan, terlebih saat macet.

Kedua, stabilkan kecepatan
Usahakan kendaraan Anda selalu melaju dalam kecepatan stabil. Kecepatan yang berganti – ganti tanpa disertai akselarasi yang baik membuat pemakaian bahan bakar naik hingga 20 persen. Kalau Anda sedang melaju di jalan bebas hambatan dengan kepadatan sedang, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan sistem cruise control sehingga kecepatan kendaraan Anda stabil tanpa harus menginjak gas. Tak perlu khawatir mematikan sistem ini, cukup tekan rem atau injak pedal gas, maka akan kembali ke sistem normal.

Ketiga, hati – hati bermanufer
Anda hendak berbelok, menyalip, atau berganti jalur, selalu perhatikan pergerakan – pergerakan di jalan baik itu di depan, samping kiri kanan maupun yang datang dari belakang. Selain membuat aman diri sendiri dan orang lain atau pengendara lain, prinsip kehati – hatian dalam bermanufer di atas juga membantu menghemat bahan bakar.

Keempat, lakukan pengereman secara halus
Kecuali di saat genting dan menghindari celaka, usahakan untuk tidak melakukan pengereman mendadak. Selain tidak nyaman, melakukan pengereman mendadak kadang malah menimbulkan celaka. Upayakan untuk selalu melakukan pengereman secara halus dan lembut. Jika hendak berbelok atau berhenti di depan, kurangi kecepatan dalam jarak yang tidak terlalu dekat agar tidak terjadi pengereman keras. Hal ini dapat membantu menghemat bahan bakar karena perputaran mesin berkurang secara perlahan, konsumsi bahan bakar pun lebih sedikit.

Kelima, jangan paksa kendaraan melaju lebih kencang
Kadang Anda tak menyadari atau mungkin lupa bahwa kendaraan yang Anda bawa memiliki batas maksimal kecepatan. Begitu kecepatan maksimal Anda dapatkan, kendaraan tidak akan lagi bisa melaju lebih kencang. Bila Anda tetap memaksa kendaraan melaju lebih kencang lagi baik dengan cara kasar maupun akselarasi lembut, secara tidak langsung Anda membuang bahan bakar Anda untuk hal yang sia-sia.
Sebagian mobil keluaran terakhir memang mulai mengkonsumsi bahan bakar lebih boros jika kecepatan sudah mencapai 80 km per jam. Artinya, jika kecepatan tersebut bertambah 8 km per jam saja, maka konsumsi bahan bakar lebih boros dari sebelumnya.
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar