11/03/14 - Archieve

Under the hood articles from the past.

Senin, 03 November 2014

Tips Aman Berkendara Saat Banjir

Sewa Mobil Semarang telp 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313

Pada musim hujan, banyak pengguna jalan menjadi kesal ketika jalan yang biasa dilewati terkena dampak banjir, berikut Rental Mobil Semarang memberikan tips praktis kepada pemilik mobil

Bagi para pengguna SUV maupun mobil berbodi besar dengan jarak ground clearance tinggi (jarak antara permukaan bodi dengan tanah) mungkin masih no problem menerjang jalan banjir dengan ketinggian sekitar -+70 cm tapi bagi pengemudi sedan, MPV atau hatchback? Persoalannya tentu menjadi lain.
“Batas aman maksimum ketinggian air yang dapat dilalui adalah setengah dari diameter roda kendaraan jika lebih tinggi dari itu disarankan mencari alternative jalan lain,

Lalu bagaimana jika para pengguna non SUV atau Jip, yang mau tidak mau terpaksa menerjang banjir karena hanya ada satu jalan yang harus ditempuh? Ingat asalkan volume air masih dapat ditolerir tidak melebihi dari seperempat diameter roda mobil, minimal 30 sampai 50 cm. Pun demikian tetap ada beberapa hal perlu Anda dicermat bila terpaksa harus melalui jalan dengan kondisi tersebut.

1.      Pertama, menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, karena mobil yang ada di depan juga dapat berfungsi sebagai patokan atau tanda, sebagai ukuran seberapa tinggi genangan air yang dilalui selain itu anda dapat cepat mengantisipasi jika ada lubang besar.
2.  Bawalah mobil Anda dengan kondisi kecepatan terjaga atau konstan tidak pelan juga tidak kencang, sebab jika dipacu pada kecepatan tinggi beresiko memunculkan ombak atau riak air yang justru dapat masuk ke ruang pembakaran mobil via filter udara dan berpotensi bikin mogok.
3.   Posisikan gigi transmisi di gigi rendah, untuk tipe otomatis (L) atau (1) untuk manual. Pasalnya beban kerja mesin lebih berat ketika melewati banjir.  
4.    Anda tidak perlu khawatir, air masuk ke dalam saluran knalpot atau saluran gas buang, sebab selama mesin masih hidup, air yang masuk tersebut terdorong keluar.
5.   Jangan memainkan pedal gas terlalu dalam saat mobil melawati jalan banjir. Kenapa? Karena filter udara semakin kuat menyedot udara sehingga berpotensi mengisap air.
6.      Hindari berhenti di tengah banjir. Karena saat mobil berhenti, air akan terus bergerak dan pergerakan kendaraan dari arah lain memunculkan riak air dan memungkinkan permukaan air naik sampai ke ruang mesin.
7. Setelah melewati genangan, jangan langsung untuk tancap gas. Cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih sangat licin. Untuk itu, lakukan mengerem kecil berulang kali hingga terasa menggigit kembali.
8.   Untuk mobil dengan transmisi manual, usahakan tidak menginjak pedal kopling saat berada di genangan banjir. Mengapa? Menginjak kopling di genangan banjir membuat air masuk ke transmisi. Dan dapat merusak komponen transmisi lantaran oli sudah bercampur air.
9.      Jika rute yang Anda lewati bukan jalur yang sering dilalui, usahakan  jangan     melintas pinggir atau tepi jalan karena bisa jadi terdapat selokan atau got.
10.  Terakhir, kalau mesin mendadak mati saat menerjang banjir jangan mencoba untuk menghidupkannya kembali. Karena hal tersebut jika dilakukan beresiko kerusakan yang lebih berat pada komponen mesin lainnya (efek water hammer). Segera minta pertolongan pada jasa derek untuk dibawa ke bengkel resmi terdekat.

demikian tips dari kami " Sewa Mobil Semarang"

Soto Bangkong

Rental Mobil Semarang Mulai Rp 175 ribu - 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313  
Sewa Mobil Semarang - Alamat: Jl. Jangli Raya 26A Graha Candi Golf Residence, Semarang 50274
Nomor Telepon: 024 8507766

Soto, menu yang satu ini sudah tersebar dibeberapa kota besar di wilayah Indonesia. Di setiap kota, soto disajikan dengan ciri khasnya masing-masing, baik dari segi kuah maupun isiannya, seperti Soto Bangkong yang sudah menjadi soto khas dari Kota Semarang.

Soto ini menggunakan ukuran mangkuk yang lebih kecil dari ukuran mangkuk biasa dalam penyajiannya. Terdiri dari nasi, bihun, taoge, potongan tomat, suwiran daging ayam dan siraman kuahnya yang bening. Tak lupa, diatasnya ditaburi dengan irisan daun seledri dan bawang goreng. Sebagai pelengkapnya, ada sate kerang, sate jerohan, tahu dan tempe bacem, sate jerohan serta sate telur puyuh yang tertata rapi di atas meja.

Untuk menikmati Soto Bangkong khas Semarang ini, kita bisa datang ke Jl. Bangkong (dekat lampu merah sebelah kantor polisi) sebagai pusat soto ini mulai dikenal. Kedai ini mulai melayani para pembelinya setiap hari sejak pukul 7 pagi sampai pukul 10 malam. Harga yang ditawarkan memang terbilang agak mahal, sekitar Rp. 8.500 untuk ukuran soto dengan porsi mini. Namun harga tersebut cukup sebanding dengan rasa yang disuguhkan soto ini. Selain di kedai ini, kita juga bisa menikmati soto bangkong di beberapa cabang lainnya yang sudah tersebar di dalam kota Semarang dan di beberapa kota lainnya.