09/26/14 - Archieve

Under the hood articles from the past.

Jumat, 26 September 2014

Tak Kenal Lunpia maka tak sayang Semarang

Tak Kenal Lunpia maka tak sayang Semarang

Rental Mobil Semarang Mulai Rp 175 ribu - 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313  

Sewa Mobil Semarang  Siapa yang tak tahu lunpia atau lumpia, makanan asli semarang yang sudah turun temurun diwariskan sampe kita sekarang. Makanan khas Kota Semarang yang menjadi buah tangan ketika berkunjung ke Kota Atlas ini. Tapi tahukah Sejarah asal Lunpia ini??

Cita rasa lumpia semarang adalah perpaduan rasa antara Tionghoa dan Indonesia karena pertama kali dibuat oleh seorang keturunan Tionghoa yang menikah dengan orang Indonesia dan menetap di Semarang, Jawa Tengah. Makanan ini mulai dijajakan dan dikenal di Semarang ketika pesta olahraga GANEFO diselenggarakan pada masa pemerintahan Presiden Soekarno

terdapat enam jenis lumpia semarang dengan cita rasa yang berbeda. Pertama aliran Gang Lombok (Siem Swie Kiem), kedua aliran Jalan Pemuda (almarhum Siem Swie Hie), dan ketiga aliran Jalan Mataram (almarhumah Siem Hwa Nio). Ketiga aliran ini berasal dari satu keluarga Siem Gwan Sing–Tjoa Po Nio yang merupakan menantu dan putri tunggal pencipta lumpia Semarang, Tjoa Thay Yoe–Wasih dan yang terakhir adalah lumpia Jalan TanggaMus (Ny. Mechtildis Tyastresna Halim) lumpia nya bulat-bulat dan gurih

Aliran keempat adalah sejumlah bekas pegawai lumpia Jalan Pemuda, dan aliran kelima adalah orang-orang dengan latar belakang hobi kuliner yang membuat lumpia dengan resep hasil pembelajaran dari lumpia yang sudah beredar.

Generasi tertua saat ini, yaitu generasi ketiga Siem Swie Kiem (68), tetap setia melayani konsumennya di kios warisan ayahnya (Siem Gwan Sing) di Gang Lombok 11. Keistimewaan lumpia Gang Lombok ini menurut sejumlah penggemarnya yang sempat ditemui di kios tersebut adalah racikan rebungnya tidak berbau, juga campuran telur dan udangnya tidak amis.

Lumpia buatan generasi keempat dapat kita peroleh di kios lumpia Mbak Lien alias Siem Siok Lien (43) di Jalan Pemuda dan Jalan Pandanaran. Mbak Lien meneruskan kios almarhum ayahnya, Siem Swie Hie, yang merupakan abang dari Siem Swie Kiem, di Jalan Pemuda (mulut Gang Grajen) sambil membuka dua cabang di Jalan Pandanaran.

Kekhasan lumpia Mbak Lien ini adalah isinya yang ditambahi racikan daging ayam kampung. Ketika awal mula meneruskan usaha almarhum ayahnya, Mbak Lien membuat tiga macam lumpia, yaitu lumpia isi udang, lumpia isi ayam (untuk yang alergi udang), dan lumpia spesial berisi campuran udang serta ayam. Tetapi, karena merasa kerepotan dan apalagi kebanyakan pembeli suka yang spesial, sekarang Mbak Lien hanya membuat satu macam saja, yaitu lumpia istimewa dengan isi rebung dicampur udang dan ayam.

Adapun generasi keempat lainnya, yaitu anak-anak dari almarhum Siem Hwa Nio (kakak perempuan dari Siem Swie Kiem) meneruskan kios ibunya di Jalan Mataram (Jalan MT Haryono) di samping membuka kios baru di beberapa tempat di Kota Semarang. Di antara anak-anak almarhum Siem Hwa Nio ini ada juga yang membuka cabang di Jakarta. Bahkan ada cucu almarhum Siem Hwa Nio sebagai generasi kelima membuka kios lumpia sendiri di Semarang.

Selain keluarga-keluarga leluhur pencipta lumpia semarang tersebut, sekarang banyak juga orang-orang ”luar” yang membuat lumpia semarang. Mereka umumnya mantan karyawan mereka. Mereka yang mempunyai hobi kuliner juga turut meramaikan bisnis lumpia semarang dengan membuat lumpia sendiri, seperti Lumpia Ekspres, Phoa Kiem Hwa dari Semarang International Family and Garden Restaurant di Jalan Gajah Mada, Semarang.

Sumi Hotel Semarang

Sumi Hotel Semarang

Rental Mobil Semarang Mulai Rp 175 ribu - 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313  

Sewa Mobil Semarang  Dengan gaya minimalis, Hotel Sumi Semarang merupakan hotel bintang 2 dengan lokasi di Jalan Gajah Mada, dekat Simpang Lima. Hanya berjarak ratusan meter dari Mall Ciputra, Batik Danar Hadi atau Masjid Baiturrahman. Dengan jumlah kamar hotel 80 unit, Sumi Hotel ini dengan fasilitas seperti breakfast, free WiFi, televisi berbayar, hot and cold water. Budget hotel yang berpusat di Jakarta ini dibawah managemen Premier Hospitality. Tersedia beberapa jenis atau tipe kamar dari standard, deluxe bed twin hinggo superior triple, cocok bagi yang ingin beristirahat setelah seharian berwisata berwisata kuliner ataupun keliling tempat bersejarah Kota Semarang.

Sumi Hotel Semarang Gajah Mada.
Alamat: Jalan Gajah Mada No 129 Simpang Lima Semarang Jawa Tengah.
Nomor Telepon: -
Info Harga Kamar & Reservasi, Website: www.sumihotel.com

Membuat Persiapan untuk Liburan

Membuat Persiapan untuk Liburan


Rental Mobil Semarang Mulai Rp 175 ribu - 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313  

Sewa Mobil Semarang  Liburan merupakan saat yang sangat dinantikan oleh seluruh keluarga. Bagi anak sekolah, liburan merupakan momen di mana mereka bisa menikmati rekreasi bersama keluarga dan teman-teman. Bagi para pekerja, liburan juga penting untuk menghindari stres pekerjaan. Namun, jangan sampai liburan atau rekreasi keluarga Anda berantakan akibat kurangnya persiapan. Apa yang dapat Anda lakukan untuk menjadikan liburan Anda menyenangkan?

Liburan yang menyenangkan dan lancar bisa membuat Anda maupun keluarga menjadi rileks dan akan meninggalkan kesan yang indah. Namun, akibat kurangnya persiapan, bisa jadi Anda lupa membawa perlengkapan berlibur yang penting bagi Anda. Atau bahkan Anda jatuh sakit saat menikmati wisata Anda sehingga tidak dapat menikmati acara rekreasi tersebut. Hal yang juga sering terjadi adalah penuhnya fasilitas penginapan dan kendaraan sewaan di tempat berlibur, sehingga Anda akan menghabiskan sebagian besar waktu hanya untuk mencari tempat penginapan atau kendaraan sewaan. Hasilnya, liburan Anda menjadi kacau dan uang yang Anda keluarkan untuk berlibur menjadi terbuang percuma. Persiapan yang matang dan baik perlu dilakukan untuk liburan Anda. Meski liburan atau rekreasi adalah waktu bersantai, namun persiapan yang saksama perlu dilakukan untuk menghindari berbagai masalah yang mengganggu liburan Anda.

Sebelum Anda berlibur, buat perencanaan dan persiapan yang matang jauh hari di muka. Memang mempersiapkan liburan di awal cukup merepotkan. Tetapi, dengan melakukan hal ini akan membuat liburan menjadi lebih baik. Persiapan liburan merupakan faktor penentu agar liburan Anda sukses. Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan saat akan berlibur yaitu:

Persiapan liburan jauh di muka

Lakukan persiapan jauh di muka. Karena jika tiba-tiba Anda mengubah tujuan tempat wisata, maka Anda masih memiliki banyak waktu untuk melakukannya.

Tujuan tempat wisata

Tetapkan tujuan tempat wisata. Anda bisa diskusikan dengan keluarga jika ingin melakukan rekreasi keluarga. Berlibur bukan berarti selalu di luar kota atau tempat yang jauh dari rumah. Liburan di pinggir kota jika terdapat tempat wisata yang nyaman dan pemandangan indah juga bisa menjadi alternatif pilihan. Misalnya berlibur di pantai atau di taman nasional. Pilihan lain adalah berlibur di dalam kota, seperti mengunjungi tempat bersejarah maupun taman bermain.

Booking hotel

Pastikan Anda sudah memesan tempat penginapan seperti hotel atau vila sebelum masa liburan. Jika Anda berlibur tanpa menggunakan kendaraan pribadi, pesan juga kendaraan sewaan di tempat berlibur jika Anda ingin mengunjungi beberapa lokasi wisata. Biasanya hotel maupun kendaraan sewaan telah dipesan jauh di muka oleh banyak wisatawan.

Cari informasi panduan wisata
Mulailah mencari panduan wisata di lokasi wisata yang Anda tuju. Informasi tempat wisata bisa Anda dapatkan di situs web, majalah, hasil mengobrol dengan teman-teman, dan media lainnya. Gali informasi seperti kebiasaan penduduk setempat, hal yang unik di sana, maupun lokasi wisata terdekat di area yang sama. Tentu hal ini membuat liburan Anda lebih bermakna dan mendidik.

Daftar barang bawaan

Mulailah mencatat barang bawaan apa saja yang akan dibawa. Tujuannya agar tidak ada yang terlupakan. Bayangkan di tempat berlibur ternyata kamera Anda tertinggal, tentu liburan Anda bisa cepat terlupakan. Benda-benda seperti kertas, spidol, atau pensil meski terlihat tidak penting, bisa juga dibawa. Anda bisa menggambar peta wisata, rencana tujuan, maupun mencatat hal-hal penting selama di perjalanan.

Bawa barang yang bermanfaat

Jangan membawa terlalu banyak barang bawaan sehingga membuat Anda tidak leluasa. Apalagi jika Anda menggunakan transportasi umum seperti pesawat terbang, kapal laut, atau kereta api. Jangan sampai barang-barang tersebut membuat mobilitas Anda terganggu. Karena itu, buat perkiraan yang terbaik untuk barang bawaan Anda sesuai dengan kondisi yang ada.

Kelengkapan dokumen

Urus semua dokumen perjalanan maupun dokumen kesehatan yang diperlukan. Misalnya jika Anda merencanakan berlibur di luar negeri, Anda bisa mengurus beberapa dokumen yang diperlukan untuk Anda dan keluarga.