Tips Berkendara Mobil Aman Bagi Wanita

Rental Mobil Semarang Mulai Rp 175 ribu - 02470165523, 081390339313, 08156599124, 081901657313, 088802533313 

Sewa Mobil Semarang - Sebelum berkendara periksa bagian mobil agar perjalanan aman tanpa kendala. Hati-hati saat berkendara, kehilangan konsentrasi sekian detik saja, entah itu mengantuk, menerima telepon, atau membaca SMS, bisa berakibat fatal. Perhatikan hal-hal berikut ini :

1. Posisi Duduk Saat Menyetir
Memegang setir harus dalam posisi duduk yang nyaman. Perhatikan wiper , lampu, gas, rem, sudahkah dalam posisi nyaman untuk badan Anda? Itu sebabnya jok pengemudi bisa dimaju-mundurkan agar bisa dikontrol oleh pengemudi untuk kenyamanannya.

2. Seat Belt
Pasanglah seat belt sebelum mobil berjalan, bukan setelah mobil berjalan baru memasang seat belt . “Banyak orang yang salah kaprah dalam pemasangan sealt belt . Selain itu, seat belt harus dalam posisi melintang di bawah perut. Tujuannya, mencegah kejadian fatal jika terjadi kecelakaan.”

3. Sandaran Kepala
Kebanyakan orang menganggap sandaran kepala di mobil untuk merebahkan kepala. Padahal, sebenarnya fungsinya sebagai penyelamat, mencegah leher jangan sampai patah saat terjadi tabrakan. Bahkan, sandaran kepala dapat menahan benturan sebanyak 3 kali berat badan manusia.

4. Pengecekan Dasbor
Saat mesin dinyalakan, pastikan lampu-lampu dasbor mobil menyala. Masing-masing lampu ada fungsinya, sekaligus menandakan kondisi awal mobil saat dipakai. Kalau semua menyala berarti mobil dalam kondisi normal. Jika mesin atau lampunya kadang hidup, kadang mati, berarti mobil dalam kondisi tidak normal.

5. Istirahat Jika Lelah
- Posisi tangan yang paling baik saat menyetir adalah posisi yang menunjukkan jam 9.15, artinya tangan kiri di angka 9, tangan kanan di angka 3. “Ini posisi menyetir yang tidak ribet. Bagian setir mobil dilarang ditambahi aksesori. Karena jika terjadi sesuatu, misalnya kecelakaan, aksesori tadi bisa berakibat fatal ke badan.”

- Jarak antara tangan dan setir 25 cm, tidak terlalu jauh atau dekat, bisa dilihat sebagai posisi menyiku. Aturlah posisi duduk, sandaran rata dengan kepala. Setir ada di pergelangan, pedal menginjak dengan nyaman. Kalau terasa tidak enak bukan karena tubuh Anda tapi karena setelannya kurang pas.

- Perhatikan blind spot atau sudut buta. Ada sudut yang tidak bisa Anda lihat. Misalnya, tiba-tiba tidak melihat ada motor nyelonong. Sebaiknya, atur spion sebelum mobil jalan dengan posisi agak keluar. Tujuannya agar bisa mengurangi blind spot. Atau menambahkan spion kecil yang dipasang di atas spion besar. Tujuannya sama, untuk mengurangi atau menghilangkan blind spot. Sudut yang tidak kelihatan akan terlihat di spion kecil itu.

-Tidak disarankan memakai sepatu hak tinggi. Siapkan sandal untuk menyetir atau sepatu datar agar kaki merasakan pedal gas. Untuk perjalanan jauh, jika tubuh lelah, berhentilah total untuk istirahat sejenak. Jangan minum minuman penyegar karena fungsinya hanya sesaat saja. Minuman penyegar tidak dianjurkan karena menciptakan halunisasi. Sebaiknya setelah satu jam harus bergantian menyetir dengan orang lain. Jarak aman dengan mobil di depan adalah 50m, 80m, 100m.
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar