Daftar Tempat Wisata di Kota Semarang



1.KLENTENG SAM POO KONG
Klenteng Sam Poo Kong adalah klenteng terbesar di kota semarang dimana Laksamana Cheng Ho pernah mendaratkan kapalnya pada awal abad ke – 15
Pengunjung dapat menyaksikan pohon langka “ pohon rantai “ yang mirip dengan rantai kapal dan patung laksamana Cheng Ho setinggi 12,7 meter

2.MASJID AGUNG JAWA TENGAH.
Masjid Agung Jawa Tengah merupakan masjid terbesar di jawa tengah yang berdiri di atas lahan seluas 10 hektar. Desain masjid merupakan perpaduan seni bangunan Eropa, Timur Tengah, dan Asia. Pengunjungdapat naik ke menara putar berketinggian 99 meter untuk menyaksikan pemandangan kota semarang yang indah

3.LAWANG SEWU
Terletak di komplek Tugu Muda, dahulu bangunan bergaya art deco ini digunakan Belanda sebagai kantor pusat kereta api (trem) Nederlandsch Indische Spoorweg Maschaapij (NIS). Masyarakat Semarang mengenal bangunan ini dengan sebutan lawang sewu, karena jumlah pinti yang banyak

4.KAWASAN KOTA LAMA
Kota lama merupakan kawasan dengan gedung gedung berasektektur eropa peninggalan Belanda. Dahulu kawasan ini merupakan pusat pemerintahan kolonial Belanda di Jawa Tengah. Bangunan yang ada antara lain, Gereja Blenduk, Stasiun Kereta Api Tawang, gedung Marabunta, Gedung Marba, Taman Sri Gunting

5.MUSEUM RONGGOWARSITO
Terletak di jalan Abdulrahman saleh, Museum Negeri Ranggowarsito menampung lebih dari 50.000 koleksi peninggalan bersejarah bangsa Indonesia sejak jaman purba hingga masa kolonialisme, seperti patung emas, miniatur candi dan berbagai wayang

6.DEKRANASDA SHOWROOM
Terletak di Kantor Dinas Perdagangan dan Perindustrian, jalan Pahlawan yang menampilkan beragam kerajinan dan souvenir khas dari berbagai daerah di Jawa Tengah

7.PAGODA AVALOKITESVARA / PAGODA KWAM IM – WATUGONG
Pagoda Kwan Im, bangunan yang terdapat di kompleks Vihara Buddha Gaya Watugong ini mempunyai nilai artistik tinggi 39 meter. Bangunan yang mempunyai tujuh tingkat ini terdapat patung Dewi Welas Asih dari tingkatan kedua hingga keenamnya. Namun sedikitnya 20 patung Kwan Im dipasang di Pagoda tersebut. Pemasangan Dewi Welas Asih ini disesuaikan dengan arah mata angin. Hal ini dimaksudkan, agar Dewi yang selalu menebarkan cinta kasih tersebut bisa menjaga Kota Semarang dari segala arah.

8.VIHARA MARINA – MAHAVIRA
Vihara Mahavira ini merupakan Vihara yang dibangun mulai akhir tahun 2001 di atas lahan seluas 1.688 ha. Vihara ini sering disebut-sebut pula sebagai vihara terbesar di Jawa Tengah, yang terdiri atas tujuh lantai, dan dengan keunikannya memiliki 88 arca Budha dalam posisi abayamudra dan 32 arca Avalokitesvara (Kwan Im) yang menghiasi sekeliling vihara. Selain untuk tempat beribadah, dimaksudkan pula sebagai tempat pendidikan calon bhiksu dari aliran Mahayana.

9.MUSEUM JAMU NYONYA MENEER
Jamu Cap Portret Nyonya Meneer atau PT Nyonya Meneer adalah perusahaan yang memproduksi jamu tradisional Jawa yang dipelopori oleh Nyonya Meneer. Ia menggunakan keahliannya mengobati berbagai penyakit dengan keahliannya meracik jamu tradional Jawa. Produknya ini kemudian dijual dan dipasarkan.
Pasarannya kini merambah pada pasar internasional, dan dipasarkan ke tiga benuam yaitu Asia, Eropa, dan Amerika dan ke 12 negara termasuk Malaysia, Jepang, Korea Selatan, Singapur, Taiwan dan Cina.
Perusahaannya sendiri kemudian berubah nama menjadi PT Nyonya Meneer.

10.TAMAN BUDAYA RADEN SALEH
Taman Budaya Raden Saleh TBRS Semarang merupakan salah satu aset potensial yang dimiliki Kota Semarang, sebuah taman wisata yang terletak di pusat kota, tepatnya di Jalan Sriwijaya No 29 Semarang dengan luas lahan ± 89.926 m2 . Selain terletak pada posisi strategis, taman ini memiliki kontur tanah dan pepohonan tua dan rindang yang bila ditata dan dikelola secara professional akan menjadi salah satu sarana rekreasi yang layak jual dan berpotensi menarik minat wisatawan.Tempat ini semula merupakan Taman Hiburan Rakyat sebagai Kebun Binatang, setelah dipindahkan, taman ini beralih menjadi pusat kesenian dan kebudayaan Taman Budaya Raden Saleh, dan sebagian berubah menjadi Taman Rekreasi Keluarga Wonderia.

11.GEREJA BLENDUK
Gereja yang dibangun pada 1753 ini merupakan salah satu landmark di Kota Lama Semarang. Berbeda dari bangunan lain di Kota Lama yang pada umumnya memagari jalan dan tidak menonjolkan bentuk, gedung yang bergaya Neo-Klasik ini justru tampil kontras dan mudah dikenali. Bentuknya lebih menonjol . Lokasi bangunan ini frontal terhadap Jl. Suari yang dahulu bernama Kerk straat (Jalan Gereja).

12.PASAR SEMAWIS
Pasar Semawis yang berada didaerah Pecinan Semarang awalnya adalah pasar malam yg diadakan beberapa hari menjelang perayaan Imlek tahun 2004. Penyelenggaraannya dimungkinkan karena pada saat itu Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) mencabut Instruksi Presiden No. 14 Tahun 1967 yang melarang perayaan kebudayaan Tionghoa. Pencabutan yang menandai era keterbukaan budaya ini disambut sangat antusias oleh warga Tionghoa di Semarang dan pasar malam yang tadinya hanya ada menjelang perayaan imlek berubah menjadi event yang lebih reguler dan permanen.

13.PANDANARAN FOOD CENTER
Citra Kawasan Jalan Pandanaran sebagai pusat oleh-oleh Kota Semarang, dengan ciri-ciri bangunan perdagangan dan perkantoran serta karakter yang khas sebagai kawasan niaga yang homogen dan menghubungkan Kawasan Simpang Lima dan Tugu Muda yang tidak dimiliki oleh jalan lain. Kawasan Jalan Pandanaran ini yang juga sebagai pusat oleh-oleh Kota Semarang dinilai cukup penting dan potensial serta mampu membangun citra Kota Semarang: Untuk itu, perlu dimunculkan gagasan dan ide-ide tentang membangun pencitraan Kawasan Jalan Pandanaran secara fisik sehingga citra kawasan menjadi semakin kuat.

14.JAMU JAGO dan MURI
Museum ini didirikan oleh Perusahaan Jamu Jago sebagai Pusat Informasi dan promosi hasil jamu, Museum ini memiliki koleksi foto – foto, slide dan perlatan tradisional pembuatan jamu pada masa lalu. Sementara itu museum muri mengoleksi catatan rekor maupun prestasi luar biasa yang dimiliki orang –orang Indonesia. Jamu Jago adalah salah satu produk jamu tertua di Indonesia. Jamu Jago diproduksi oleh PT. Industri Jamu Cap Jago, yang berkantor pusat di Jl. Ki Mangunsarkoro 106 Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Sementara, pabrik pengolahannya berada di Jl. Perintis Kemerdekaan Semarang. Jamu Jago pertama kali merupakan buah karya seorang Tionghoa bernama TK Suparana dari Wonogiri Jawa Tengah. Didirikan pada tahun 1918, Jamu Jago telah mengalami pasang surut sebagai sebuah perusahaan.

15.TUGU MUDA
Tugu Muda adalah sebuah monumen yang dibuat untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu Muda ini menggambarkan tentang semangat berjuang dan patriotisme warga semarang, khususnya para pemuda yang gigih, rela berkorban dengan semangat yang tinggi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia.

16.  WADUK GOA KREO
Share on Google Plus

About semarang rentcar

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar